Mahasiswa FILKOM UB Raih Juara 2 UI/UX Design FAST UTM 2021

Mahasiswa FILKOM UB Raih Juara 2 UI/UX Design FAST UTM 2021

 Tim mahasiswa FILKOM UB kembali meraih prestasi, yang pada kali ini berhasil memperoleh posisi Juara 2 pada UI/UX Design pada Festival Ajang Sinergritas Teknologi (FAST) 2021. FAST 2021 merupakan kegiatan lomba pengembangan web yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Universitas Trunojoyo Madura yang ditujukan kepada seluruh siswa SMA/SMK dan mahasiswa Nasional. Kompetisi dalam festival ini terbagi menjadi dua macam yaitu UI/UX Design dan Web Design. Pada tahun ini FAST 2021 mengusung tema “Growth Creativity And Productivity In The Pandemic Era”. Kompetisi ini dilaksanakan secara daring nukai dari bulan November dan babak kualifikasi pada 5 Desember 2021.

Tim dari FILKOM UB yang Bernama Brone diwakili oleh Azka Isnandaru Fajrina Mulya, (Teknik Informatika, 2020); Alifiah Maharani Iskandar (Sistem Informasi, 2020); Saidah Layli Romadhoni, (Sistem Informasi, 2020) dengan dosen pembimbing Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds.

“Selama kurun waktu 2 bulan terakhir ini saya bersama teman-teman dalam satu tim mencari suatu perlombaan/kompetisi di bidang teknologi. Pada akhirnya kami tertarik untuk mengikuti perlombaan FAST 2021 tersebut, dikarenakan kami dapat mengimplementasikan ilmu yang kami pelajari di FILKOM UB pada kategori lomba UI/UX Design tersebut”, ujar Azka dalam wawancara pada Humas PSIK FILKOM.

Tim Brone menghasilkan karya yang diberi nama Nusa App, yaitu aplikasi belajar dengan menggunakan Bahasa daerah. Pembuatan aplikasi ini cukup memakan waktu dalam pengerjaannya yang dimulai dari bulan oktober dan dapat diselesaikan awal Desember 2021. Kendala yang sangat sering ditemui adalah kordinasi yang dilakukan secara daring, dan adanya kesibukan dari masing-masing anggota Tim menjadikan progres dalam menyusun karya menjadi lebih lama. Selain itu tim Brone juga terkendala mengenai transportasi menuju ke lokasi babak grand final yang dilaksanakan di Universitas Trunojoyo Madura.

Selain itu, Azka berpesan untuk para mahasiswa FILKOM UB, apabila menemumkan suatu ide maupun inovasi, jangan hanya disimpan, akan tetapi perlu mencoba mengimplementasikan serta merealisasikannya seperti mengikutkannya dalam sebuah kompetisi. Apapun idenya walau sederhana saja apabila dapat mengolahnya secara matang, maka  akan mendapatkan hasil yang positif.[drn]