Peran Kerangka Kerja COBIT Dalam Membentuk Budaya Tata Kelola Dan Manajemen TIK Di Indonesia

Peran Kerangka Kerja COBIT Dalam Membentuk Budaya Tata Kelola Dan Manajemen TIK Di Indonesia

Program Studi Sistem Informasi FILKOM UB melalui Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu bertajuk “Peran Kerangka Kerja COBIT dalam Membentuk Budaya Tata Kelola dan Manajemen TIK di Indonesia” pada Selasa (9/11/2021). Pemateri yang diundang pada kesempatan itu adalah seorang pakar di bidang IT Auditor Aresto Yudo Sujono. Berlangsungnya acara dipandu oleh salah satu dosen FILKOM Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI. Acara diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dengan diikuti oleh lebih dari 200 peserta mahasiswa FILKOM Jurusan SI, khususnya yang mengambil mata kuliah Tata Kelola Teknologi Informasi (TKTI) pada Semester Ganjil TA. 2021/2022 ini.

Pada pemaparannya kali ini, Aresto menyampaikan materi dalam dua bagian. Bagian pertama tentang overview Tata Kelola TI dan bagian kedua tentang COBIT sebagai kerangka kerja tata Kelola TI. Pada bagian pertama Aresto menyampaikan tentang pengertian, manfaat, 5 Pilar EGIT dan IT Operating Model. Sementara itu pada bagian kedua Aresto menjelaskan tentang Core Model, Komponen dan Implementasi COBIT. Disampaikan oleh Aresto bahwa EGIT (Enterprise Governance of Information & Technology) adalah bagian integral dari keseluruhan tata Kelola di sebuah organisasi. Secara umum, organisasi baik public ataupun swasta, besar ataupun kecil semakin memahami pentingnya informasi teknologi untuk kesuksesan. Dimana informasi adalah key resource dan teknologi adalah strategic asset.

“Tiga hasil utama yang diharapkan setelah behasil mengadopsi EGIT adalah meningkatkan value organisasi melalui IT, meningkatkan mitigasi resiko dan optimasi sumberdaya,” jelas Aresto.

Dijelaskan juga oleh Aresto lima pilar EGIT terdiri atas strategic alignment, value delivery, resource management, risk management dan performance measurement. Kelimanya dibahas dengan jelas dan menyeluruh. Setelahnya Aresto juga memberikan contoh bagaimana COBIT 2019 menyediakan referensi keterkaitan antara tujuan IT dengan tujuan strategis organisasi dan bagaimana penerapan tata Kelola IT di perusahaan dalam  tiga tahapan besar yang meliputi design, implement hingga review and act. Acara kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. [dna/drn]