Developing Video Explanation

Developing Video Explanation

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu program Hibah Professor 3in1 pada Kamis (28/10/2021) secara daring melalui Zoom Meeting. Pada kuliah tamu ini, Prodi PTI kembali mengundang Teguh Arie Sandy, S.Pd., M.Pd. yang merupakan CEO dari CV. Multimedia Edukasi, selain itu Teguh juga sebagai Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta. Acara dipandu oleh Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI. selaku Dosen FILKOM sekaligus moderator acara.

Pada kuliah tamu ini, Teguh mengangkat tema mengenai Developing Video Explanation. Pertemuan kali ini, Teguh lebih membahas tentang pembuatan video animasi dengan animaker. Mengawali paparannya Teguh menyampaikan bahwa animaker merupakan software animasi gratis yang efektif dan mudah untuk digunakan oleh pemula. Selain itu dijelaskan pula beberapa kelebihan dan kelemahan dari animaker. Teguh juga memutarkan video tentang animaker sehingga peserta bisa mempunyai gambaran pemahaman yang lebih jelas mengenai proses hingga hasil pembuatan video dengan menggunakan animaker tersebut.

Sesi selanjutnya, Teguh mendemonstrasikan bagaimana langkah-langkah pembuatan video menggunakan animaker dan menjelaskan secara detail berbagai tool dan fitur yang bisa dimanfaatkan di animaker sehingga peserta dapat memahami bagaimana penggunaannya. Sesi terakhir ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara pemateri dengan partisipan yang hadir. (ans/drn)