Big Data Dalam Industri

Big Data Dalam Industri

Demi meningkatkan pengetahuan mahasiswanya mengenai pemahaman Big Data, Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menyelenggarakan guest lecture (kuliah tamu) yang masih dalam program 3-in-1, dengan pemateri Bagus Rully Muttaqien narasumber dari PT. Solusi 247, Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan hari Jum’at (29/9/2021) secara daring melalui Zoom dan dipandu oleh Welly Purnomo, ST., M.Kom selaku moderator.

Bagus Rully dalam kesempatan kali ini menjelaskan Big Data Industry Implementation (Penerapannya di dalam industri). Perlu diketahui sebelumnya, PT. Solusi 247 merupakan perusahaan yang fokus terhadap implementasi Big Data mulai dari tahun 2009. Big Data hadir dalam menangani masalah pengolahan pada data yang hadir di kehidupan sehari-hari kita, karena setiap detik, menit, dan jam data akan semakin bertambah. Bagus memberikan salahsatu contoh perusahaan besar yang mengolah Big Data, yaitu Facebook. Indonesia sendiri menjadi negara ketiga terbesar dengan pengguna Facebook terbanyak dibawah dari India dan Amerika. Sedangkan Bahasa Indonesia dan Jawa termasuk kedalam 10+ besar Bahasa yang sering digunakan di dalam Facebook, dengan adanya data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa negara Indonesia sangat berpengaruh dan penghasil data terbesar di dunia.

“Yang menjadi pendukung data yang besar adalah storage device, saat ini storage device harganya semakin murah dengan kapasitas size yang semakin besar. hal tersebut didukung dengan data yang semakin banyak semakin besar maka akan membutuhkan storage device yang besar juga. Seiring berjalannya waktu ukuran size tidak dapat menjadi acuan karena semakin berkembangnya jaman maka size dari data akan semakin besar”, terang Bagus.

Selanjutnya Bagus Rully juga menjelaskan perbedaan Traditional Data Project dengan Modern Big Data Project, dimana banyak perusahaan yang masih menggunakan Traditional Data Project. Dalam Modern Big Data diperlukan Software Engineer, Data Engineer dan Data Scientist. Selain banyak industri yang menggunakan Big Data, Bagus juga menyampaikan beberapa instasi pemerintah yang menggunakan Big Data (Government Big Data Project). Kuliah tamu ini akan berlanjut di minggu selanjutnya dengan materi yang akan disampaikan infrastruktur Big Data.(drn)