Gamification Language Teaching and Learning

Gamification Language Teaching and Learning

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu program Hibah Professor 3in1 pada Kamis (21/10/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Prodi PTI juga kembali mengundang Prof. Nozawa Kazunori dari Ritsumeikan University, Japan. Kuliah tamu ini dimoderatori oleh Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. Tema kuliah tamu kali ini adalah Gamification Software Applications for Language Teaching and Learning.

Pada kesempatan pertama Prof. Nozawa menjelaskan mengenai apa itu gamifikasi. Beliau menjelaskan bahwa gamifikasi merupakan proses mengubah suatu aktivitas menjadi permainan atau sesuatu yang menyerupai permainan. Prof. Nozawa juga memberikan pengertian mengenai gamifikasi menurut beberapa ahli dan penjelasan lebih lanjut mengenai gamification in education serta gamification in language education.

Tidak hanya penjelasan secara teori, Prof. Nozawa memberikan beberapa pertanyaan yang perlu dijawab oleh peserta dalam kuliah tamu ini mengenai gamification apps for language learning, agar jegiatan ini lebih interaktif dan peserta paham akan materi yang dijelaskan. Prof. Nozawa memberikan waktu beberapa menit untuk peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan melalui google form yang telah disediakan.

Dalam kuliah tamu ini, Prof. Nozawa juga memberikan penjelasan materi melalui video yang menarik sehingga peserta tidak merasa jenuh dalam mengikuti kuliah tamu. Prof. Nozawa juga memberikan contoh dalam penggunaan aplikasi Kahoot!, Quizziz, Quizlet, dan CRAM yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, namun dalam penggunaannya quizlet mendapatkan beberapa pro krontra dari beberapa peneliti. Hal ini telah dijelaskan secara matang oleh Prof. Nozawa. Diakhir acara, Prof Nozawa memberikan kesimpulan dan rekomendasi mengenai gamifikasi. Sebelum sesi presentasi berakhir, beliau memutarkan video motivasi yang sangat menarik sehingga peserta yang menonton tanyangan tersebut merasa termotivasi untuk terus belajar, berkembang dan think outside the box. (ans/drn)