Buah Nusantara, Unik, Eksotik dan Langka Tetenger Bumi Filkom UB dalam Rangkaian Dies Natalis ke-10

Buah Nusantara, Unik, Eksotik dan Langka Tetenger Bumi Filkom UB dalam Rangkaian Dies Natalis ke-10

Dalam merayakan Dies Natalis ke-10, program kegiatan yang diusung oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) salah satunya adalah Tetengger Bumi. Kegiatan ini merupakan perwujudan kepedulian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terhadap alam dan lingkungan. Kegiatan Tetenger  Bumi tahun 2021 berupa kegiatan reboisasi penghijauan tanaman buah nusantara yang kali ini dilaksanakan di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang pada hari Sabtu (30/10/2021).

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini mulai dari dosen dan mahasiswa FILKOM UB dengan dibantu oleh perangkat desa dan masyarakat Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Penanaman pohon buah ini dilaksanakan di Dusun Krajan Depan Balai Desa dan sekitarnya. Sebelum acara pada hari Jum’at (29/10/2021) pada Balai Desa Pagersari Kecamatan Ngantang diadakan doa bersama dan istighosah demi mendoakan FILKOM agar lebih maju kedepannya serta 6 prodi yang ada di FILKOM dapat memperoleh akreditasi Unggul.

Program Tetengger Bumi tahun ini adalah lanjutan dari program Dies Natalis tahun lalu dimana FILKOM mendukung pemerintah dalam merealisasikan program “Penanaman Satu Milyar Pohon” dan mengkampanyekan peduli Lingkungan Hidup. Tahun ini, pohon yang ditanam termasuk buah nusantara yang tergolong unik dan langka, yaitu buah genitu. Pohon serta bibit buah Genitu yang dibagikan oleh FILKOM sejumlah 75 genitu ungu dan 31 genitu kuning.

Dengan adanya program Tetengger Bumi ini diharapkan juga kedepannya agar Desa Pagersari bebas dari banjir akibat erosi dari derasnya aliran sungai ketika ada hujan deras yang melanda serta memberdayakan masyarakat sekitar lingkungan dalam kegiatan pelestarian lingkungan agar sadar pentingnya melestarikan lingkungan demi kesejahteraan bersama.

Tibyani, S.T., M.T. selaku koordinator kegiatan menyampaikan, semoga bibit pohon yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi warga desa Pagersari, karena kegiatan ini merupakan perwujudan pengabdian dari FILKOM kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan hidup.(drn)