Dies Natalis ke 10, FILKOM For Society

Dies Natalis ke 10, FILKOM For Society

   

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-10 pada tanggal 27 Oktober 2021, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan tema FILKOM for Society. Adapun program dan kegiatan yang diusung mulai dari HOLOGY 4.0; FILAFEST; Tetengger Bumi; Virtual Sport; Webinar Series; 4C Virtuality National Competition dan ditutup dengan Malam Apresiasi.

House of Technology (HOLOGY) merupakan event teknologi tahunan bertaraf nasional yang diselenggarakan sejak tahun 2018. Di tahun keempat ini, HOLOGY terdiri dari 4 rangkaian acara yaitu webinar & workshop, competition, exhibition, dan awarding night. Kemudian FILKOM Anniversary Festival (FILAFEST) tahun 2021 terdiri atas tiga rangkaian acara utama yaitu, Saraya Asmaraloka (Charity), Festival Gemintang raya, dan Semarak Pesta Pancarona. Ketiga 4C Virtuality National Competition, Kompetisi ini diperuntukkan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang ingin mengasah kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, kreatifitas dan komunikasi. Terdapat lima bidang kompetisi yang dilombakan, meliputi Kompetisi Video Musik Kolaborasi, Kompetisi Video Pendek Kreatif, Kompetisi Bisnis Model, Kompetisi Video Infografis, Kompetisi UX Challenges.

Sedangkan Virtual Sport merupakan kompetisi olah raga virtual dari bersepeda (ride) dengan total jarak tempuh 1000km dan lari (run/walk) dengan total jarak tempuh 100km. Olah raga virtual ini dipilih sebagai bentuk upaya menjaga keamanan dan keselamatan bersama di masa pandemi Covid-19 serta diikuti oleh keluarga besar FILKOM UB juga oleh civitas Universitas Brawijaya. Selanjutnya Webinar Series dengan tema FILKOM Tech Talks yang membahas perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam dan luar negeri. Webinar series ini diagendakan pada Oktober hingga November 2021 dengan menghadirkan berbagai narasumber dari akademisi atau praktisi di Industri TI. Sementara kegiatan Tetengger Bumi erupakan perwujudan kepedulian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terhadap alam dan lingkungan. Kegiatan ini berupa kegiatan reboisasi penghijauan tanaman buah nusantara di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, pada 30 Oktober 2021

Terakhir Malam Puncak Apresiasi Dies Natalis FILKOM adalah acara puncak dari perayaan Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer ke-10. Malam Puncak Apresiasi Dies Natalis FILKOM ke-10 mengambil tajuk Semarak Pesta Pancarona yang penuh dengan keceriaan dan kehangatan keluarga besar FILKOM yang penuh dengan warna. Acara ini akan dimeriahkan oleh seluruh keluarga besar FILKOM sebagai bentuk rasa syukur bertambahnya usia FILKOM tercinta. Pada Malam Puncak Apresiasi akan dilaksanakan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah untuk pemenang dari berbagai kompetisi yang sudah digelar sebagai rangkaian acara Dies Natalis FILKOM ke-10 dan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2021.

FILKOM for Society merajuk pada kegiatan yang dilakukan oleh FILKOM selama tahun 2021 dengan berkontribusi bagi masyarakat umum. Hal tersebut tercermin dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh dosen beserta mahasiswa dengan menciptakan terobosan serta inovasi baru yang bertujuan membantu masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu contoh bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari FILKOM melalui Grup Riset Geoinformatika yaitu bekerjasama dengan BPBD Kota Batu dalam pembuatan Sistem Pelaporan Persebaran Daerah Terdampak Bencana. Selanjutnya ada tim dosen yang juga memberikan pelatihan kepada guru-guru SMP (Sekolah Menengah Pertama) di sekitar lingkungan Universitas Brawijaya mengenai pengenalan fitur pada Google. Materi pelatihan yang diberikan adalah materi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran kepada siswa, terutama kegiatan pembelajaran secara daring (online).

Kegiatan KKN dari mahasiswa FILKOM juga banyak memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah dan masyarakat umum. Perlu diketahui, KKN FILKOM, adalah kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan temanya “It For Better Live”, KKN FILKOM bertujuan untuk menghadirkan teknologi di tengah masyarakat sebagai solusi atas sebagian permasalahan yang ada dengan harapan terciptanya kehidupan yang lebih baik dengan teknologi. KKN yang pertamakali diselenggarakan oleh FILKOM ini diikuti oleh 621 peserta dimana terbagi menjadi 62 kelompok dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan sebanyak 32 yang terjun langsung ke 14 titik lokasi di 7 Kecamatan Kota maupun Kabupaten Malang.

Pada hari Rabu (27/10/2021) FILKOM secara luring dan daring merayakan hari jadinya yang ke-10 dengan secara simbolis melakukan potong tumpeng dengan tujuan diberikan kesejahteraan dan keselamatan kedepannya. Acara potong tumpeng dilakukan oleh Dekan FILKOM, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, Ph.D. dan diberikan kepada Ir. Sutrisno, MT. selaku mantan Ketua Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK). Acara luring yang dilaksanakan di Auditorium Algoritma FILKOM juga dihadiri oleh Pimpinan Dekanat, Mantan Wakil Ketua PTIIK serta Pimpinan Jurusan dan Prodi, sedangkan secara daring disiarkan melalui Zoom dengan partisipan dosen dan tenaga kependidikan FILKOM.

Dengan Tema Dies Natalis tahun ini yaitu FILKOM for Society juga bertujuan kedepannya agar FILKOM tetap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas baik itu di sektor pemerintah, swasta maupun masyarakat umum dengan memberikan inovasi baru dalam pembuatan teknologi di bidang IT.(drn)