Pelatihan Pengelolaan Layanan Dasar Cloud Computing Berbasis Amazon Web Service (AWS) Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang

Pelatihan Pengelolaan Layanan Dasar Cloud Computing Berbasis Amazon Web Service (AWS) Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang

 

Grup Riset Jaringan Berbasis Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 22 dan 23 Agustus 2021. Materi hari pertama yaitu Pelatihan Pengelolaan Layanan Dasar Cloud Computing Berbasis Amazon Web Service (AWS) dengan diketuai oleh Rakhmadhany Primananda, ST., M.Kom. dan hari kedua Pelatihan Sistem E-Learning Berbasis Moodle untuk Pembelajaran Online dengan ketua Reza Andria Siregar, ST., M.Kom.

Perlu diketahui sebelumnya Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, selain itu layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Sementara, Cloud Computing adalah pengiriman sumber daya IT sesuai permintaan melalui internet dengan harga sesuai pemakaian. Selain membeli, memiliki, serta mengelola pusat data fisik dan server, dapat juga mengakses layanan teknologi, seperti komputasi daya, penyimpanan, dan database, sesuai kebutuhan dari penyedia Cloud.

Pada hari pertama pengenalan Cloud disampaikan oleh Rakhmadhany Primananda, ST., M.Kom. dan turut hadir pula perwakilan dari Amazon Web Services (AWS) yaitu Furin Ongko selaku Education Program Manager AWS. Cloud Computing dalam paparan Ramadhany diartikan sebagai mekanisme penyedia resource (sumber daya) IT seperti komputasi, storage, atau aplikasi secara on-demand oleh operator melalui jaringan internet dengan model pembayaran pay-as-you-go. Cloud memiliki karakteristik dimana pengguna tidak perlu mengetahui detil infrastruktur yang digunakan oleh provider (no-need-to-know), kemudian mudah untuk di scale-up/down sesuai kebutuhan pengguna, bayar sesuai dengan penggunaan dan tidak ada minimal kontrak, serta dibangun dengan melibatkan banyak komputer yang biasannya terdistribusi pada beberapa region berbeda. Region disini adalah sebuah wilayah geografis yang memiliki data center AWS di dalamnya.

Selanjutnya materi mengenai Virtualisasi disampaikan oleh Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. Virtual Machine adalah program perangkat lunak atau sistem operasi virtual yang bisa digunakan pada sebuah perangkat keras bersamaan dengan OS asli perangkat tersebut. Dengan virtual machine, pengguna dapat menjalankan aplikasi, program, maupun script pada perangkat tersebut secara virtual seperti layaknya menggunakan perangkat yang berbeda. Achmad Basuki juga menjelaskan mengenai komputasi virtual di Cloud khususnya AWS EC 2, dimana ada berbagai layanan komputasi seperti Amazon EC2, AWS Lambda, Amazon Lightsail, Amazon ECS, AWS Fargate dan Amazon EKS.(drn)