Mobile Learning & Trend Edukasi

Mobile Learning & Trend Edukasi

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu yang merupakan program Hibah Professor 3 in 1 pada Rabu (29/9/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Kuliah tamu ini dihadiri oleh Teguh Arie Sandy, S.Pd., M.Pd sebagai pemateri dan dimoderatori oleh Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Fakultas Ilmu Komputer. Perlu diketahui, Teguh merupakan CEO dari CV. Multimedia Edukasi yang ahli dibidang Pengembangan Aplikasi Mobile dan Game. Tak hanya menjadi CEO, Teguh juga mengajar sebagai Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam kuliah tamu ini, Teguh mengangkat tema mengenai Mobile Learning & Trend Edukasi. Pada kesempatan pertama Teguh menjelaskan mengenai penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti mengenai kegunaan smartphone yang paling utama adalah digunakan untuk berinternet. Selain itu, beberapa peneliti menyebutkan bahwa penggunaan smartphone 96% digunakan ketika berada di rumah saat WFH (Work From Home). Dibandingkan dengan Laptop/Notebook, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Teguh menyampaikan bahwa di era pandemi sekarang, smartphone sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan primer. Oleh karena itu, ini menjadi sebuah potensi yang besar dalam hal pengembangan digital di smartphone.

Dalam paparan selanjutnya, Teguh menayampaikan mengenai tipe dari Mobile Learning. Tipe dari Mobile Learning itu sendiri ada 4, antara lain Performance & Support, User Generated Content, Colaboration, dan Innovation. Tak hanya penyampaian materi, Teguh juga memberikan beberapa contoh mengenai tipe dari Mobile Learning sehingga mahasiswa memiliki wawasan luas serta lebih tertarik dan lebih memahami mengenai tipe dari Mobile Learning. Kemudian, di akhir sesi Kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. (ans/drn)