Meningkatkan Profesionalisme di Bidang Teknologi Informasi

Meningkatkan Profesionalisme di Bidang Teknologi Informasi

 

Prof. Rohani Binti Abu Bakar dari Universiti Malaysia Pahang kembali berbagi ilmu dengan lebih dari 70 mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) FILKOM UB pada Jumat (01/10/2021). Kali ini mengangkat materi tentang Meningkatkan Profesionalisme di Bidang Teknologi Informasi. Beliau hadir sebagai pemateri dalam Professor 3 in 1 Program untuk mata kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi. Kegiatan ini diketuai oleh Tibyani, S.T., M.T., dosen Prodi PTI Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB.

Pada kesempatan kali ini Dwija Wisnu Brata, S.ST., M.T. salah satu dosen PTI bertugas sebagai moderator yang memandu jalannya acara. Membuka pemaparannya Prof. Rohani mereview apa saja yang sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya. Kemudian beliau masuk pada materi utama yang membahas beberapa poin pentingnya meningkatkan profesionalime, profesionalisme dan mahasiswa, aspek dalam profesionalisme, etika dan standar profesionalisme, lima tahapan perkembangan profesionalisme serta tips untuk pertumbuhan dan perkembangan karir.

Prof. Rohani menyampaikan bahwa ada lima karakteristik utama profesionalisme meliputi; memiliki kemampuan berinteraksi termasuk sopan santun dan rasa hormat, memiliki keterampilan berkomunikasi dan mendengarkan, memiliki etos kerja yang baik, memiliki motivasi kerja tinggi dan melakukan pekerjaan hingga selesai dengan tuntas serta berpenampilan profesional dan percaya diri. Dalam mewujudkan profesionalisme ada lima tahapan yang harus dilalui, yaitu membangun pengetahuan dasar, mengamati model dan contoh dari profesional dibidangnya, refleksi atas penerapan pada diri sendiri, melakukan perubahan dan tahap terakhir mendapatkan serta berbagi keahlian.

Sebelum masuk pada sesi tanya jawab Prof. Rohani juga berbagi tips tentang bagaimana menumbuhkembangkan karir. Pertama dengan menentukan tujuan dan membuat rencana untuk bisa mencapainya. Kedua, membuat timeline dan milestones capaian. Ketiga memanfaatkan program dan institusi/lembaga tempat bekerja. Keempat, tentukan tahapan karir yang ingin dicapai dan terakhir buat catatan yang jelas tentang berbagai tahapan tersebut serta tinjau ulang secara berkala dimana posisi Anda saat ini. (dna)