Penutupan KKN FILKOM UB 2021

Penutupan KKN FILKOM UB 2021

 

Sabtu (25/9/2021) Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UB  melaksanakan penutupan kegiatan KKN mahasiswa FILKOM 2021 yang secara resmi dilaksanakan di Kantor Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Program KKN tahun ini yang bertemakan “It Better For Life” mengajak para warga khususnya warga di desa untuk sadar akan penggunaan teknologi/IT

Penutupan KKN ini dipimpin langsung oleh Dekan FILKOM UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D., dan ditemani Sekretaris Camat Poncokusumo, Tetuko Luhur Setyo Bathoro SSTP., M.AP serta Kepala Desa Dawuhan, Syaiful Arifin, S.E.

“Kami berterima kasih kepada seluruh desa maupun kelurahan yang sudah menerima mahasiswa FILKOM dalam melaksanakan KKN. kegiatan KKN ini merupakan pengalaman baru dan pertamakali diselenggarakan di FILKOM. Di satu sisi, isu-isu yang akan diangkat dari kegiatan KKN FILKOM adalah mengurangi kesenjangan digital antara masyarakat di desa dengan masyarakat di kota dengan bantuan dari pemerintah setempat untuk mengetahui kebutuhan warganya yang nantinya program dari mahasiswa dapat diimplementasikan sehingga masyarakat di desa lebih paham akan IT dan teknologi” ujar Wayan dalam sambutannya.

Menariknya KKN yang sebagian besar dilaksanakan secara daring, tetap antusias diikuti oleh 621 peserta dimana terbagi menjadi 62 kelompok dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan sebanyak 32 yang terjun langsung ke 14 titik lokasi di 7 Kecamatan Kota maupun Kabupaten Malang.

Berbagai macam terobosan teknologi dari karya mahasiswa FILKOM mambantu pemerintah desa baik proses administrasi di desa, pemasaran produk desa mulai tempat wisata atau UMKM, serta branding dan pembuatan profil untuk dikembangkan di dunia digital. Kegiatan yang sudah berjalan mulai dari 26 Juli 2021 sangat mendapat apresiasi yang baik dan dukungan penuh dari pemerintah setempat.

Salah satu contoh hasil program dari kelompok KKN Desa Dawuhan (Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang) sendiri adalah pembuatan peta wilayah secara digital, dimana dapat mengetahui potensi-potensi dan sumber daya yang ada di Dawuhan. Kemudian, kelompok KKN di Desa Plandi (Kec. Wonosari, Kabupaten Malang) dengan program website desa dan pemasaran UMKM secara online serta pembuatan aplikasi yang memudahkan perangkat desa dan masyarakat dalam pembuatan surat dari pemerintah desa. Sementara di kelurahan Ketawanggede (Kec.Lowokwaru, Kota Malang) kelompok KKN FILKOM menciptakan Digital Blast (DBT/DBU), dimana program tersebut bertujuan untuk mengenalkan Kelurahan Ketawanggede beserta produk-produk lokal/UMKM, lokasi rumah kos dan kuliner yang ditujukan bagi pendatang baru karena Kelurahan Ketawanggede menjadi destinasi mahasiswa baru dalam mencari hunian selama kuliah di Malang.

“Sebagai pemerintah kami bersyukur dan berterima kasih sudah dibantu oleh teman-teman mahasiswa dalam mengembangkan teknologi di desa walaupun memang tidak mudah karena keterbatasan alat dan sumber daya yang ada. Harapannya program KKN dari FILKOM dapat berlanjut setiap tahunnya dan membantu dari desa satu ke desa lainya. Dengan bantuan program-program mahaiswa FILKOM nantinya kehidupan perekonomian di desa akan terangkat dan menjadi desa yang maju dan mandiri, serta tidak tertinggal dalam hal teknologi” sambut Tetuko.

Selain penutupan KKN, FILKOM juga memberikan hibah perangkat komputer kepada SDN 04 Dawuhan untuk peningkatan proses pembelajaran daring serta meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan komputer dalam memberikan pembelajaran menggunakan media yang tepat dan efektif selama masa pandemi. Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Dekan FILKOM kepada Kepala Sekolah SDN 4 Dawuhan, Kusmiadi, S.Pd. SD.(drn)