Profesi di Bidang Teknologi Informasi

Profesi di Bidang Teknologi Informasi

 

Prof. Rohani Binti Abu Bakar dari Universiti Malaysia Pahang kembali berbagi ilmu dengan puluhan mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) FILKOM UB pada Jumat (24/9/2021). Kali ini mengangkat materi tentang Profesi yang ada di Bidang Teknologi Informasi. Beliau hadir sebagai pemateri dalam Professor 3 in 1 Program untuk mata kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi. Kegiatan ini diketuai oleh Tibyani, S.T., M.T., dosen Prodi PTI Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB.

Pembahasan meliputi evolusi industri, berbagai keterampilan yang wajib dimiliki untuk bisa bertahan di industri, pekerjaan dan profesi di bidang TI, trennya di masa mendatang, serta badan atau  lembaga profesional di bidang TI. Dijelaskan oleh Prof. Rohani bahwa mengambil pendidikan formal adalah bentuk investasi untuk masa depan, termasuk berkuliah di bidang TI. Mengambil studi di bidang TI dinilai sebagai investasi yang tepat untuk bisa mendapat profesi dan pekerjaan yang menjanjikan di masa mendatang. Hal ini dikarenakan pada era evolusi industri 4.0 saat ini berbagai bidang kehidupan memiliki ketergantungan yang tinggi pada TI untuk menjaga keberlangsungannya.

Prof. Rohani menjelaskan pada industri 4.0 kemampuan emosional (Emotional Quotient/EQ) lebih banyak dibutuhkan dibanding kemampuan teknikal (Intelligence Quotient/IQ). Dijelaskan bahwa menurut world economic forum, empat skill yang paling banyak dibutuhkan pada tahun 2025 meliputi problem solving, self management, working with people dan technology use and development. Hal ini bukan berarti EQ tidak dibutuhkan sama sekali. Kemampuan teknikal tetap perlu dikuasai karena ditingkat manajerial sekalipun kemampuan teknikal tetap digunakan untuk melakukan penilaian dan pengambilan keputusan.

Dalam penjelasan selanjutnya Prof. Rohani menyampaikan berbagai pekerjaan yang memiliki gaji tertinggi menurut Y-Axis Overseas Careers, International Recruitment and Immigration Consultant. Dimana pada tahun 2020 pekerjaan dengan gaji tertinggi meliputi big data engineer, data base manager dan mobile application developer. Sementara pada tahun 2025-2050 diprediksi pekerjaan dengan gaji tertinggi beralih ke space pilot, data detective dan ethical source manager. Untuk bisa memiliki salah satu dari pekerjaan yang menjanjikan setelah lulus kuliah, maka perlu persiapan sejak dini. Beberapa hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mempersiapkan diri antara lain dengan terus mengembangkan kemampuannya sesuai dengan kebutuhan atas profesi yang ingin ditekuni, misalkan dengan mengikuti sertifikasi. Selain itu bisa juga dengan mengumpulkan berbagai pengalaman, misalkan dengan melakukan kerja paruh waktu, magang atau mengikuti volunteering program di bidang kerja yang diinginkan. (dna)