Ideal Learning Environment for Language Education

Ideal Learning Environment for Language Education

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan Program Professor 3in1 pada hari Kamis (23/9/2021) yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi (JSI) dan beberapa Dosen dari Prodi PTI. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa serta dipandu oleh Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI., salah satu Dosen dari JSI. Acara dibuka dengan sambutan dari Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi PTI dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Prof. Nozawa Kazunori dari Ritsumeikan University, Japan. Tema yang diangkat mengenai What is the Ideal e- or m-, or d-Learning Environment for Language Education?

Sebelum memulai presentasi, Prof Nozawa memberikan kuesioner untuk para peserta. Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan media online para peserta. Kemudian Prof. Nozawa melanjutkan dengan penjelasan materi yang pertama yakni mengenai apa itu e-Learning, m-Learning dan d-Learning serta serta sejarah perkembangannya. Tidak hanya menjelaskan secara lisan, Prof. Nozawa juga menayangkan video contoh penerapan e-Learning, m-Learning dan d-Learning sehingga peserta bisa lebih tertarik menyimak materi yang diberikan.

Materi selanjutnya, Prof. Nozawa menjelaskan apa itu Moodle LMS serta bagaimana cara menggunakannya. Dari penjelasan tersebut Prof. Nozawa juga menyampaikan courseware terbaik untuk e-, m-, atau d-Learning?

Pada kesempatan terakhir Prof. Nozawa menyampaikan beberapa kesimpulan, antara lain Education Technology (Edtech) hanyalah sebuah proses mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan untuk membangun pengalaman belajar mengajar yang lebih baik dengan hasil belajar yang lebih baik pula. Tidak hanya itu, Edtech juga menguntungkan cara guru mengajar, baik online maupun offline. Dengan Edtech siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Selain itu Edtech juga memungkinkan pengalaman belajar siswa menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan. (ans/drn)