e-Learning Design And Development

e-Learning Design And Development

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer (Prodi PTI FILKOM) dalam program professor 3 in 1 yang dilaksanakan Kamis (16/09/2021) mengundang Dr.Eng. S.T. Fitra Abdurrachman Bachtiar, M.Eng. selaku Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya sebagai pemateri dalam kuliah umum bertajuk What is e-Learning?. Acara kali ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh mahasiswa dari dalam dan luar UB .

Dalam kegiatan kuliah tamu ini Fitra menyampaikan materi pertama mengenai definisi e-Learning. Fitra menjelaskan e-Learning merupakan sebuah metode untuk memberikan edukasi melalui media internet yang mana dalam media tersebut akan memberikan banyak informasi. Mengapa menggunakan e-Learning? Fitra menjelaskan dengan adanya paradigm shift in education maka siswa dituntut untuk lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Metode e-Learning banyak diadopsi di seluruh dunia dan dapat dipastikan bahwa proses pembelajaran ini tidak dibatasi serta metode pembelajaran ini akan bertahan dalam beberapa tahun kedepan. e-Learning penting karena dengan menerapkannya dapat memberi banyak manfaat antara lain pembelajaran dapat disesuasikan dengan kemampuan kecepatan pemahaman peserta didik, dapat dilaksanakan secara realtime, memudahkan kolaborasi antar siswa, pemberian materi dapat secara cepat dan konsisten, kenyamanan dalam belajar, serta dapat menjangkau peserta didik secara global. Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dilakukan dengan e-Learning antara lain Synchronous, Asynchronous, dan Blended e-Learning. Fitra juga menjelaskan beberapa komponen terkait yang perlu disiapkan untuk membuat e-Learning beserta alurnya, bagaimana cara mengembangkan model e-Learning dan peran tim dan teknologi dalam e-Learning serta bagaimana mengevaluasi kualitas e-Learning. Peserta mengikuti acara dengan antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan saat sesi tanya jawab di penghujung acara.

Perlu diketahui kuliah umum kali ini merupakan sesi pertama dari webinar series e-Learning Design & Development yang merupakan implementasi dan rangkaian program professor 3 in 1 Prodi PTI. Rangkaian acara webinar series terdiri atas 11 kuliah umum yang disampaikan oleh professional dan praktisi dari dalam dan luar negeri pada 16 September hingga 27 November 2021. Harapannya, program ini dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran di bidang pendidikan teknologi informasi, memberikan tambahan wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan terkini serta meningkatkan kompetensi mahasiswa. (ans/drn)