Present And Future Of Big Data

Present And Future Of Big Data

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dalam program Hibah Visiting Professor 3 in 1 bekerjasama dengan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) dengan mengundang Prof. Nazri Mohd Nawi, Ph.D. sebagai pemateri dalam kegiatan kuliah tamu Present And Future Of Big Data yang diselenggarakan pada hari Jum’at (10/9/2021) secara daring melalui Zoom. Kegiatan ini juga turut mengundang Ketua Jurusan Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. dan Ketua Prodi Teknologi Informasi, Widhy Hayuhardhika N P, S.Kom., M.Kom. serta dipandu Nanang Yudi Setiawan, ST., M.Kom selaku pembawa acara dan moderator. Sekitar 130 partisipan turut hadir dalam kegiatan kuliah tamu ini yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FILKOM.

Mengawali acara sambutan disampaikan oleh Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. yang menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Prof. Nazri Mohd Nawi, Ph.D. yang bersedia hadir dalam sharing ilmu, berbagi pengalaman bagi mahasiswa yang saat ini mengambil mata kuliah Big Data. Kegiatan visiting professor 3 in 1 dimana kegiatan kuliah tamu ini merupakan kegiatan unggulan akademik yang mengintegrasikan keilmuan dri 3 sumber yaitu dari dosen pengampu di dalam kampus, kedua dari profesor tenaga ahli dari luar kampus, dan praktisi industri yang semuanya dirangkai dalam kegiatan perkuliahan dengan harapan mampu mendorong kapasitas inovasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi baik itu untuk tenaga pengajar atau mahasiswa FILKOM.

Masuk ke dalam materi, Prof. Nazri Mohd Nawi, Ph.D. menjelaskan mengenai pengenalan Big Data

“Big Data adalah sebuah istilah umum yang mengacu pada teknologi dan teknik untuk memproses dan menganalisa sekumpulan data yang memiliki jumlah yang sangat besar, baik yang terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur. Ada banyak tantangan yang akan dihadapi ketika berhubungan dengan big data, mulai dari bagaimana data diambil, disimpan, hingga masalah keamanan data”, ujar Nazri dalam paparannya.

Nazri menjelaskan mengenai karakteristik dari Big Data dimana ada volume, velocity, variety dan veracity. Di samping 4V tersebut, ada juga yang menambahkan satu lagi sehingga menjadi 5V, yaitu value. Value ini sering didefinisikan sebagai potensi nilai sosial atau ekonomi yang mungkin dihasilkan oleh data. Keempat karakteristik di atas perlu diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan value atau manfaat bagi bisnis maupun kehidupan.

Di akhir acara Nazri juga menyampaikan tentang tantangan kedepan dalam perkembangan teknologi kemudian kegiatan kuliah tamu ini ditutup dengan sesi tanya jawab, baik dosen maupun mahasiswa antusias dalam bertanya dan berdiskusi kepada pemateri.(drn)