Sosialisasi Teknis Penyelesaian MK Skripsi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi

Sosialisasi Teknis Penyelesaian MK Skripsi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan sosialisasi teknis penyelesaian mata kuliah skripsi pada hari Rabu (18/8/2021) yang dihadiri oleh Sekjur TIF, Ketua Prodi PTI, dosen dan mahasiswa prodi PTI. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan dipandu oleh mahasiswa KBMPTI UB

Mengawali acara sambutan diberikan oleh ketua pelaksana kegiatan sosialisasi skripsi yaitu Putri Ayu Ananda, dan dilanjutkan oleh Ketua Eksekutif Mahasiswa PTI, Mohammad Daffa Saifullah. Memasuki inti acara, materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua Program Studi PTI, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah memberikan pengenalan, pengetahuan dan pengarahan kepada mahasiswa prodi PTI tingkat akhir untuk memahami proses pelaksanaan skripsi sampai dengan terselesaikannya dengan baik, tepat waktu dan benar.

“Kendala paling banyak yang dialami oleh mahasiswa yang mengerjakan skripsi adalah komunikasi dengan dosen dan manajemen waktu dalam mengerjakannya. Walaupun kondisi saat ini sedang pandemi dan konsultasi skripsi dilaksanakan secara daring, mahasiswa harus tetap bersemangat dan rajin dalam berkomunikasi dengan dengan dosen pembimbing, agar target yang diberikan dapat diselesaikan dengan cepat”, ujar Herlambang dalam paparannya.

Mahasiswa juga dapat mengetahui jadwal dan panduan beserta template terkait pengerjaan skripsi di Filkomapps. Selama proses pengerjaan skripsi, dosen pembimbing nantinya bertugas untuk mengarahkan penyelesaian skripsi, sehingga mahasiswa dituntut untuk paham akan dasar-dasar dari mata kuliah Metodologi Penelitian dan cermat dalam penulisan terkait EYD. Menurut Herlambang, skripsi wajib diselesaikan dalam 24 minggu (real time), dan mahasiswa harus menyusun jadwal (time table) agar lebih jelas target apa saja yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Mahasiswa juga dihimbau agar tidak terkecoh dengan teman atau mahasiswa lain ketika mengerjakan skripsi, karena kondisi setiap mahasiswa pasti berbeda-beda dan harus ditanamkan bahwa skripsi ini adalah kewajiban individu.

Selain memberikan banyak masukan, Herlambang juga memberikan penjelasan mengenai mekanisme bimbingan dan cara publikasi jurnal atau artikel ilmiah. Harapannya dengan diadakannya sosialisasi seperti ini mahasiswa akan paham mengenai tanggung jawabnya dalam menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu sehinggal tidak menunda kelulusan yang mengakibatkan penyesalan di kemudian hari.(drn)