Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES)  FILKOM 2021

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES)  FILKOM 2021

MAWAPRES FILKOM 2021 merupakan acara pemilihan mahasiswa berprestasi dari FILKOM untuk mengikuti MAWAPRES yang diadakan oleh Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang berbudi luhur, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Dengan demikian, mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensinya secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan tujuan pendidikan tinggi.

Para peserta MAWAPRES FILKOM 2021 akan diseleksi untuk memilih yang terbaik berdasarkan persyaratan dan prestasinya. Kegiatan MAWAPRES FILKOM 2021 akan dilaksanakan dalam 2 rangkaian secara daring melalui Zoom. Rangkaian pertama pada Jumat 16 April 2021. yaitu Inkubasi, merupakan pelatihan bagi peserta dengan materi “Sharing Pengalaman MAWAPRES FILKOM 2021” oleh Ahmad Farhan selaku MAWAPRES FILKOM 2020, “Public Speaking” oleh Debora Keren Hapukh selaku alumni Fakultas Ilmu Budaya UB, dan “Cara Presentasi yang Baik” oleh Wildan Yuristian Alfiddin untuk membekali peserta agar mampu berjuang di tingkat Fakultas maupun Universitas. Rangkaian kedua pada Sabtu 17 April 2021, yaitu Presentation, yang merupakan kegiatan bagi peserta untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dan mem-branding dirinya sebagai upaya menjadi MAWAPRES FILKOM 2021.

Peserta yang mengikuti MAWAPRES FILKOM 2021 ini berjumlah tiga orang, yaitu :

  1. Dimi Karillah Putra (185150201111035) dari Prodi Teknik Informatika
  2. Fadhil Arif Muhammad (185150200111053) dari Prodi Teknik Informatika
  3. Andi Alifsyah Dyasham (195150401111048) dari Prodi Sistem Informasi

Pada hari pelaksanaa Presentation MAWAPRES FILKOM 2021, berhasil menghasilkan juara utama MAWAPRES FILKOM 2021 untuk mewakili Fakultas Ilmu Komputer di kancah nasional, yaitu Dimi Karillah Putra yang mengangkat tema KTI tentang “Aplikasi Edukasi Penyakit Hepatitis dengan Fitur Deteksi Dini menggunakan Machine Learning”. Pemenang MAWAPRES FILKOM 2021 ini dengan adil dinilai oleh juri-juri yang merupakan dosen dari FILKOM, yaitu Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc., Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., dan Fatwa Ramdani, Dr.Sc., S.Si., M.Sc. Kemudian, berhasil mengeluarkan juara MAWAPRES favorit, yaitu Andi Alifsyah Dyasham yang mengangkat KTI yang berjudul “Meningkatkan Peran Komunitas Digital Pemuda Indonesia dalam Mencapai Tujuan SDGs melalui Platform Media Sosial”. Juara favorit ini diambil dari gabungan nilai dari juri dan juga online voting yang sudah dibuka satu hari sebelum acara Presentation dimulai. Lalu, yang terakhir kegiatan MAWAPRES FILKOM 2021 ini juga menghasilkan runner up, yaitu Fadhil Arif Muhammad yang mengangkat judul KTI “RIVEY (Riset dan Survey) Aplikasi Berbasis Website sebagai Upaya Membantu Mahasiswa dalam melakukan Survey untuk Kebutuhan Riset dengan Konsep Gamifikasi”. Semoga para wakil dari FILKOM ini nantinya akan mendapatkan hasil positif dan membawa nama baik fakultas dan universitas di tingkat nasional.(drn)