Bantu Kembangkan Kewirausahaan berbasis Teknologi, Mahasiswa FILKOM Kembangkan Internet Sehat di Desa Plandi

Bantu Kembangkan Kewirausahaan berbasis Teknologi, Mahasiswa FILKOM Kembangkan Internet Sehat di Desa Plandi

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 23 yang beranggotakan 30 mahasiswa dengan dosen pembimbing Tibyani, S.T., M.T dan Dosen Koordinator Aktivitas Dwija Wisnu Brata, S.ST., M.T. berupaya membantu meningkatkan perekonomian di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang dengan meningkatkan kualitas desa dalam pemanfaatan teknologi. Para mahasiswa membuat website untuk profil Desa Plandi serta membuat aplikasi yang memudahkan perangkat desa dan masyarakat dalam pembuatan surat dari pemerintah desa.

“Tujuan utama dari Mahasiswa KKN adalah dengan membantu mengenalkan masyarakat di Desa Plandi agar lebih mengenal teknologi dengan sosialisasi Internet Sehat. Sehingga nantinya masyarakat teredukasi melalui sosialisasi tersebut. Bagian dari kelompok juga akan melakukan pendampingan terhadap UMKM desa dengan membantu dalam hal pemasaran serta mengedukasi mengenai pemasaran digital agar dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Plandi” ungkap Firda Zuhrotul Ma’wa selaku Ketua Kelompok.

Dengan program yang disampaikan oleh Ketua Kelompok, manfaat yang didapat masyarakat desa akan lebih mengetahui perkembangan teknologi dalam bidang kewirausahaan sehingga dapat diimplementasikan dalam usahanya. Selain itu, untuk generasi muda di desa dapat mengetahui berbagai manfaat dari penerapan IT dan cara menggunakan teknologi dengan tujuan baik dan benar. Tentunya tidak mudah dalam kegiatan KKN kali ini karena dilaksanakan secara daring dan luring, kendala yang dihadapi oleh kelompok yaitu kurangnya sumber daya manusia (mahasiswa) yang tidak selalu ada dan siap di lokasi KKN.

Mahasiswa KKN FILKOM saat ini melakukan pendataan dan pengambilan video UMKM dan potensi-potensi yang ada di desa Plandi untuk keperluan branding desa, serta melakukan kunjungan di sekolah untuk melakukan koordinasi pelaksanaan sosialisasi internet sehat. Sebagai kegiatan tambahan diluar dari program kerja Kelompok KKN juga membantu mengkondisikan dan menjadi panitia kegiatan HUT RI yang ke-76 di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun bagi anggota kelompok online, sedang dalam proses pembuatan website, aplikasi surat menyurat, desain poster maupun banner, menyusun booklet internet sehat dan marketing, serta membuat peta desa. Firda menyampaikan Target terselesaikan program dari kelompok 23 adalah pada tanggal 17 – 18 September 2021.

Tentunya program yang sedang dikerjakan oleh Kelompok 23 mendapatkan feedback positif dari masyarakat Desa Plandi. Banyak warga desa yang antusias dan membantu program dari Kelompok 23 serta bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan KKN Mahasiswa FILKOM sampai nanti program yang dijalankan berhasil dan selesai.(drn)