FILKOM UB Sambut 800 Lebih Mahasiswa Baru TA. 2021/2022, Selamat Datang! Selamat Bergabung Di Kampus Biru!

FILKOM UB Sambut 800 Lebih Mahasiswa Baru TA. 2021/2022, Selamat Datang! Selamat Bergabung Di Kampus Biru!

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyambut sekitar 804 mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2021/2022. Penyambutan ini dilakukan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) FILKOM UB 2021 yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom pada 21 – 22 Agustus 2021.

Acara PK2MABA FILKOM 2021 hari pertama dibagi dalam dua sesi besar yaitu pemukaan dan pemberian materi. Sesi pembukaan diawali dengan arahan yang disampaikan oleh disiplin mahasiswa (disma) tentang peraturan dan tata tertib peserta. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa dan penyampaian sambutan oleh perwakilan mahasiswa dan pimpinan FILKOM. Sambutan pertama disampaikan oleh Muhammad Fatham Mubina Akbar selaku Ketua Pelaksana PK2Maba & Startup Academy 2021. Sambutan kedua oleh Fadhil Arif Muhammad selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FILKOM 2021 dan dilanjut Kelvin Hendra Wijaya selaku Koordinator DPM FILKOM 2021 Ketua Komisi I. Terakhir sambutan dari Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. yang sekaligus memperkenalkan jajaran pimpinan di FILKOM.

“Selamat datang di Fakultas Ilmu Komputer, salah satu fakultas favorit di Universitas Brawijaya. Dengan bangga saya menyambut mahasiswa baru Angkatan 2021/2022. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempersiapkan melakukan transisi selama ini belajar di kelas di sekolah SMA yang kelas dan jadwalnya sudah pastiakan berubah ketika lanjut di perguruan tinggi dengan kelas yang jadwal yang dapat berubah sewaktu-waktu. Selama pandemi kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online tapi tidak memungkinkan dilaksanakan secara hybrid, baik secara online atau dengan tatap muka secara langsung dengan ketentuan yang berlaku. Saya juga berharap selama berkuliah nantinya mahasiswa juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan agar memiliki potensi dan kompetensi yang baik dari sisi akademik maupun non akademik” ujar Wayan dalam sambutannya.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian dibukanya rangkaian kegiatan PK2MABA dan Startup Academy FILKOM UB 2021 dengan penekanan tombol virtual gong oleh Dekan dan penyematan pita secara simbolik, sebagai tanda keikutsertaan maba. Kemudian Panitia PK2MABA FILKOM UB juga mengajak para maba untuk virtual tour dimana maba bisa melihat gedung FILKOM UB secara virtual. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. dengan materi Building Your Big Dream, dan Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. yang menjelaskan Mahasiswa Kompetitif Dalam Menjawab Digital Tantangan Masa Depan.

Pada saat hari kedua, para maba FILKOM tetap mengikuti acara secara daring. Namun kini mereka dibagi dalam kelompok lebih kecil yaitu berdasarkan program studi (prodi). Ada lima kelompok kecil yaitu kelompok prodi Teknik Informatika (TIF), Teknik Komputer (TKOM), Sistem Informasi (SI), Teknologi Informasi (TI) dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).

Setiap kelompok mendapat materi yang sama untuk bidang akademik fakultas, cara belajar dan etika perkuliahan, pengenalan lembaga/organisasi mahasiswa yang ada di FILKOM dan materi pola pikir mahasiswa. Yang membedakan adalah materi akademik prodi, karena disesuaikan dengan aturang masing-masing program studi.

Untuk diketahui, setelah kegiatan PK2MABA ini maba FILKOM masih akan mendapat pembekalan kehidupan kampus melalui program startup academy yang dilaksanakan dalam satu semester. Informasi lebih lanjut tentang rangkaian acara startup academy FILKOM UB dapat diakses di https://simaba-filkom.ub.ac.id/ (drn)