Pelaporan Survei Kepuasan Masyarakat Jurusan Sistem Informasi Tahun 2021

Pelaporan Survei Kepuasan Masyarakat Jurusan Sistem Informasi Tahun 2021

Dalam survei Pengukuran Indeks Kepuasan Layanan (Survei Kepuasan Masyarakat) yang dilakukan secara daring kepada pengguna layanan manajemen Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya pada tanggal 23 Juli – 4 Agustus 2021 lalu, diperoleh jawaban dari 112 orang responden yang berasal dari dosen, alumni dan mahasiswa. Tujuan dari diadakannya survei ini adalah mengukur dan mengevaluasi kepuasan layanan manajemen dan proses pendidikan Jurusan Sistem Informasi. Data kuesioner Survei Kepuasan Masyarakat yang masuk telah dianalisis dan saran atau temuan yang diperoleh akan diambil tindak lanjutnya oleh Jurusan Sistem Informasi.

Dari semua unsur yang dinilai, dapat diketahui bahwa beberapa aspek berada pada rentang baik dan sebagian lagi masih perlu ditingkatkan. Adapun unsur layanan  yang sudah dinilai baik oleh responden adalah sarana dan prasarana yang ada, hasil pelayanan yang sesuai, kemampuan petugas, sikap dalam melayani, layanan sesuai maklumat layanan, dan pengaduan keluhan. Sedangkan untuk unsur layanan yang masih dinilai kurang baik adalah kesesuaian persyaratan layanan, kemudahan prosedur, kecepatan layanan, ketepatan layanan, dan yang paling perlu untuk mendapat perhatian adalah kelengkapan koleksi bahan pustaka. Lebih lengkap hasil tersebut bisa dilihat dalam tabel dan gambar berikut.

Grafik Nilai Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan di Jurusan Sistem Informasi

 

Khusus untuk pertanyaan pada alumni, tim pelaksana survei menambahkan unsur penilaian untuk pelaksanaan tugas akhir (skripsi) di antaranya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir, kinerja dosen pembimbing tugas akhir dan layanan dari tendik/pengelola jurusan. Nilai yang diperoleh terakit aspek tersebut mendapatkan mutu pelayanan A (sangat baik). Sedangkan dari jawaban yang terhimpun mengenai masukan/saran, sebagian responden menyampaikan tentang persyaratan pelayanan yang belum terpublikasi jelas atau kesulitan menyalurkan keluhan. Saran yang diusulkan adalah menyediakan portal khusus yang berisi kumpulan FAQ (frequently asked question) yang dapat memudahkan pengguna layanan manajemen jurusan untuk mengetahui informasi terbaru atau solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.(Itn/drn)