Pembukaan Fresh Graduate Academy (FGA) 2021 FILKOM UB

Pembukaan Fresh Graduate Academy (FGA) 2021 FILKOM UB

Tahun 2021 ini Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali dipercaya menjadi perguruan tinggi mitra Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam penyelenggaraan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy (DTS-FGA). Pembukaan pelaksanaan DTS-FGA 2021 FILKOM UB diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom pada Senin (19/7/2021). Sebelumya FILKOm sudah pernah menyelenggarakan kegiatan ini pada tahun 2020.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana DTS FGA 2021 FILKOM UB Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. Disampaikan Heru bahwa DTS FGA 2021 FILKOM UB akan diselenggarakan selama kurang lebih satu bulan 19 Juli 2021 sampai dengan 10 September 2021. Jumlah pendaftar tercatat sebanyak 389 peserta yang terdiri dari lulusan program Vokasi/D3, Sarjana mapupun Mahasiswa semester akhir di Seluruh Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan secara full daring untuk mengikuti 8 bidang pelatihan. Para peserta akan mendapatkan bantuan voucer kuota untuk mengikuti program pelatihan ini. Peserta juga akan dibimbing oleh 31 dosen yang terdiri dari FILKOM, Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA UB.

Selanjutnya pengantar pembukaan disampaikan oleh Dekan Filkom, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. ucapkan selamat kepada panitia pelaksana karena FILKOM karena Kembali dipercaya menjadi mitra penyelenggara sejak 2019. Feedback dari Kominfo sendiri terhadap FILKOM sangat baik dalam menyelenggaraan kegiatan FGA dan dipercaya untuk membuka banyak kelas pelatihan. Wayan juga menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Teknik dan MIPA UB yang juga ikut dalam berpartisipasi dalam FGA tahun ini. Kagitan FGA juga menjadi kesempatan bagi para dosen untuk selalu upgrade bidang keilmuannya untuk memberikan bekal kepada peserta terjun ke dunia industri. Harapan Dekan FILKOM dengan metode daring yang digunakan tahun ini tidak menjadi hambatan dalam penyelenggaraan FGA sampai penutupan nanti.

Memasuki acara utama Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. memberikan briefing FGA. Selain dengan Kominfo, FILKOM juga bekerjasama dengan mitra global seperti HUAWEI, Cisco, Microsoft, Oracle dan Redhat. Kominfo juga bekerjasama dengan 53 mitra perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

“Pelatihan ini akan memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan S1, dan D3/D4 yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi melalui pelatihan dan sertifikasi”ujar Heru.

Heru juga menjelaskan banyak hal dalam briefing ini mulai dari tata tertib, kewajiban dan hak yang didapat oleh peserta serta penjelasan mengenai sertifikasi kegiatan FGA ini.(drn)