Prosedur Pelaksanaan Semester Antara (Semester Pendek) Tahun Akademik 2020/2021
1. Ketentuan:
- Sesuai dengan kalender akademik Universitas Brawijaya 2020/2021, Semester Antara (Semester Pendek) Fakultas llmu Komputer (FILKOM) TA. 2020/2021 akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni – 17 Juli 2021.
- Mata kuliah baru (tidak mengulang) yang tidak berpraktikum bisa diprogram pada Semester Antara.
- Mata kuliah berpraktikum bisa diulang bila nilai praktikum >=60 dengan menunjukkan nilai praktikum mata kuliah terkait di SIAM, bila nilai tidak tercantum di SIAM maka diharuskan meminta surat keterangan dari Laboratorium Pembelajaran.
- Jika Mata Kuliah di kurikulum lama tidak berpraktikum, sedang Mata Kuliah pengganti di kurikulum baru berpraktikum, maka tidak bisa diprogram di Semester Antara.
- Maksimal SKS yang dapal diambil sebanyak 9 (sembilan) SKS.
- Mata kuliah yang telah diprogram pada Form Pendataan bisa diganti pada saat Pendaftaran apabila Mata Kuliah tersebut tidak diselenggarakan.
- Minimal peserta kuliah pada tiap kelas sejumlah 10 (sepuluh) mahasiswa.
- Biaya sebesar Rp. 100.000,- /sks.
- Tidak ada pengembalian uang pembayaran yang telah dilakukan dengan alasan apapun jika Mata Kuliah dilaksanakan.
- Mahasiswa yang melakukan Pendataan tidak sesuai dengan Pendaftaran akan diberikan sanksi denda buku untuk ruang baca sejumlah mata kuliahnya dan membuat pemyataan untuk tidak mengulangi.
- Mahasiswa terminal bisa mengikuti bila ada rekomendasi dari Kaprodi dan disetujui Kajur (Mahasiswa mengajukan surat permohonan disertai alasan terminal, ditujukan ke Kaprodi).
- Mahasiswa yang tidak melakukan pendataan semester antara, tidak dapat mengikuti pendaftaran semester antara.
2. Pendataan:
- Mahasiswa memprogram Pendataan Mata Kuliah yang akan ditempuh pada Semeter Antara melalui FilkomApps pada tanggal 7 – 11 Juni 2021.
- Mahasiswa mencetak Form Pendataan FilkomApps, kemudian Konsultasi ke dosen PA pada tanggal 7 – 11 Juni 2021.
- Daftar mata kuliah yang diselenggarakan dan jadwal kuliah Semester Antara akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2021.
3. Pendaftaran:
- Mahasiswa melakukan Pendaftaran melalui FilkomApps pada tanggal 14 – 17 Juni 2021 sesuai dengan daftar mata kuliah yang ada pada Form Pendataan Mata Kuliah pada FilkomApps.
- Mahasiswa mencetak Form Pembayaran dari FilkomApps.
- Mahasiswa melakukan pembayaran pada tanggal 14 – 17 Juni 2021 di BNI pada:
No. Rekening : 772187874
Atas Nama : Rektor UBM
- Pembayaran dilakukan pada teller bank, ATM non tunai atau internet banking dengan menyertakan berita keterangan “SA FILKOM ….. SKS”. Pastikan jumlah sks sesuai dengan jumlah sks yang diprogram (tanpa praktikum).
- Mahasiswa mengupload Nilai Praktikum (jika berpraktikum) dan Bukti Pembayaran ke FilkomApps 14 – 17 Juni 2021.
- Input KRS Semester Antara dan Validasi akan dilakukan oleh operator akademik lantai 1 Gedung F FILKOM UB 14 – 17 Juni 2021.
- Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Akademik lantai 6 Gedung F FILKOM.
4. Jadwal Konsultasi PA
Jadwal Konsultasi Pembimbing Akademik (PA) Semester Antara dan permohonan Surat Keterangan Nilai Praktikum ke Lab. Pembelajaran:
Angkatan 2014 – 2017 : 8 – 9 Juni 2021
Angkatan 2018 – 2020 : 10 – 11 Juni 2021
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Akademik Fakultas (Yohanes 08155503446 – WA Message Only) atau email ke akademikfilkom@ub.ac.id.
5. Mekanisme Pengajuan Nilai Praktikum
Mekanisme pengajuan permintaan nilai praktikum secara daring:
- Mahasiswa melakukan cek nilai praktikum melalui SIAM
- Bila di SIAM sudah ada nilai praktikum, maka nilai tersebut yang bisa digunakan persyaratan pendaftaran Semester Antara
- Bila tidak ada komponen nilai praktikum pada SIAM, dapat mengajukan permintaan nilai praktikum secara daring dengan mengisi form dan mengunggah hasil scan KHS dari SIAM di https://forms.gle/f17zrxXV27387cV76.
- Laboran akan mengirimkan surat keterangan nilai praktikum ke email masing-masing mahasiswa
Info tambahan : Untuk mahasiswa angkatan 2019 dibatasi hanya diperbolehkan maksimal 6 SKS dan biaya pembayaran hanya untuk 6 SKS tersebut. Bagi yang sudah terlanjur mendata 9 sks, namun karena adanya pembatasan SKS karena KKN maka diharap segera lapor ke WA center Akademik dengan menyampaikan MK apa yang dipilih untuk dibatalkan (khusus 2019 yang akan KKN)