Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Reguler Program Magister Ilmu Komputer Ta. 2021/2022
1. Persyaratan Pendaftaran
Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler pada Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a |
Warga Negara Indonesia. |
b. |
Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 2,75 untuk skala 4 yang dibuktikan dengan Ijazah, Transkrip, dan Profil mahasiswa pada situs forlap dikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id/). |
c. |
Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 450) atau yang setara yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).
|
d. |
Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 450) dan masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.
|
e. |
Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:
|
f. |
Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada. |
g. |
Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya. |
h. |
Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit. |
i. |
Menyertakan surat rekomendasi dari:
|
j. |
Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini, bagi yang sudah bekerja. |
k.
|
Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji atau tes bidang: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK) dan Basis Data (BD). |
2. Tahapan Pendaftaran
Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran Seleksi Mandiri Pascasarjana untuk Program Magister Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.
a. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
b. Memilih seleksi yang akan dituju di halaman dashboard
c. Memilih program studi yang akan dipilih dan melakukan request Kode Pembayaran, pastikan jumlah biaya yang muncul sudah sesuai dengan informasi yang ada di pengumuman ini (Poin 3).
d. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
e. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Pastikan jumlah pembayaran sudah sesuai dengan program studi yang dituju, dan harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
- Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
- Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
- Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
f. Melakukan konfirmasi pembayaran kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
g. Mencetak kartu peserta seleksi;
h. Mengisi form pendaftaran dan mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran pada link berikut:
http://tif.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/pendaftaran-kelas-reguler-1/b49946509ff64e
Adapun dokumen yang diunggah meliputi:
- Formulir Pendaftaran.
- Bukti pembayaran pendaftaran.
- Hasil scan Ijazah S1
- Hasil scan transkrip S1
- Hasil scan sertifikat TOEFL yang masih valid.
- Hasil scan sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid.
- Foto berwarna terbaru
- Publikasi karya ilmiah (jika ada)
- Surat pernyataan kesanggupan studi yang bermaterai.
- Surat pernyataan sumber biaya yang bermaterai.
- Sinopsis rencana studi.
- Kartu Peserta Seleksi
- Sertifikat penghargaan,pelatihan, seminar, symposium dsb (jika ada)
Template formular dan surat pernyataan dapat diunduh di link berikut (tab Unduh Formulir): http://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/reguler/b49946509ff64e
3. Biaya-biaya
Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas regular TA. 2021/2022 terdiri atas:
|
Pendaftaran Reguler I & II |
Rp 1.000.000,- |
|
Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks |
Rp 250.000,- |
|
UKTa) |
Rp 11.700.000,- |
Note:
a) Mengikuti peraturan Rektor yang berlaku.
4. Waktu-waktu penting
Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya:
Gelombang I
a. |
Pendaftaran Reguler Program Magister |
: |
15 Februari – 21 Maret 2021 |
b. |
Verifikasi berkas pendaftaran |
: |
22 Maret – 23 Maret 2021 |
c. |
Psikotes |
: |
25 Maret 2021 |
d. |
Tes bidang* |
: |
25 Maret 2021 |
e. |
Tes wawancara |
: |
26 – 27 Maret 2021 |
f. |
Pengumuman hasil seleksi |
: |
31 Maret 2021 |
g. |
Daftar ulang mahasiswa baru |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
h. |
Orientasi pendidikan FILKOM |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
i. |
Pekan matrikulasi |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
j. |
Awal perkuliahan |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
Gelombang II
a. |
Pendaftaran Reguler Program Magister |
: |
5 April – 30 Mei 2021 |
b. |
Verifikasi berkas pendaftaran |
: |
31 Mei – 1 Juni 2021 |
c. |
Psikotes |
: |
2 Juni 2021 |
d. |
Tes bidang* |
: |
2 Juni 2021 |
e. |
Tes wawancara |
: |
3 – 4 Juni 2021 |
f. |
Pengumuman hasil seleksi |
: |
8 Juni 2021 |
g. |
Daftar ulang mahasiswa baru |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
h. |
Orientasi pendidikan FILKOM |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
i. |
Pekan matrikulasi |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
j. |
Awal perkuliahan |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
Gelombang III
a. |
Pendaftaran Reguler Program Magister |
: |
14 Juni – 25 Juli 2021 |
b. |
Verifikasi berkas pendaftaran |
: |
26 – 27 Juli 2021 |
c. |
Psikotes |
: |
28 Juli 2021 |
d. |
Tes bidang* |
: |
28 Juli 2021 |
e. |
Tes wawancara |
: |
29 – 30 Juli 2021 |
f. |
Pengumuman hasil seleksi |
: |
3 Agustus 2021 |
g. |
Daftar ulang mahasiswa baru |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
h. |
Orientasi pendidikan FILKOM |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
i. |
Pekan matrikulasi |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
j. |
Awal perkuliahan |
: |
Menyesuaikan jadwal UB |
*) Materi uji: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK), Basis Data (BD)
5. Ketentuan lain
Seleksi mahasiswa baru tidak menggunakan seleksi sistem gugur. Panitia seleksi akan mempertimbangkan setiap skor berdasarkan bobot masing-masing dari setiap tahap untuk menentukan nilai akhir seleksi. Kandidat yang diterima akan ditentukan berdasarkan rangking nilai akhir yang disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Skor yang masih kurang dari standar pada Persyaratan Pendaftaran akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk asesmen pada saat tahap wawancara.
Pdf dapat diunduh disini https://s.ub.ac.id/5v
Contact Person:
Andito Aryo D.P, S.Psi
+62 822-5768-5412
anditoaryodp@ub.ac.id