Simulasi Asesmen Lapangan Daring Akreditasi S1 PTI 2020

Simulasi Asesmen Lapangan Daring Akreditasi S1 PTI 2020

Mempersiapkan diri untuk menghadapi Asesmen Lapangan/AL (Visitasi) Daring Akreditasi oleh BAN PT pada 14-15 Agustus 2020 mendatang, maka Program Studi PTI mengadakan simulasi bersama Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM UB) pada Senin – Selasa (10-11/8/2020). Prof. Dr. Ir. Simon Bambang Widjanarko, M.Sc. dari FTP UB dan Dr. Endang Arisoesilaningsih dari Pusat Jaminan Mutu, Universitas Brawijaya (PJM UB) yang merupakan Pendamping Internal Akreditasi Prodi PTI bertindak sebagai asesor pada kesempatan tersebut.

Tim akreditasi Prodi PTI FILKOM, mulai jajaran pimpinan fakultas, jurusan dan prodi hingga perwakilan mahasiswa ikut serta dalam kegiatan simulasi tersebut. Prof. Simon yang berlaku sebagai  asesor memeriksa laporan evaluasi diri yang telah dibuat Prodi PTI dan melakukan verifikasi atas laporan itu dengan meminta penjelasan atau bukti dukung. Ada Sembilan kriteria akreditasi yang dilaporkan dan harus diverifikasi, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan strategi, (2) tata pamong, tata Kelola dan Kerjasama, (3) mahasiswa, (4) sumber daya manusia, (5) keuangan, sarana dan prasarana, (6) pendidikan, (7) penelitian, (8) pengabdian kepada masyarakat dan (9) luaran dan capaian Tridharma.

Dari simulasi tersebut didapatkan gambaran yang lebih baik oleh Prodi PTI dalam mempersiapkan asesmen langsung sesungguhnya nanti. Dikarenakan asesmen langsung dilakukan secara daring maka bukti dukung yang ada harus dipersiapkan dalam bentuk softfile yang dapat dengan mudah diakses oleh asesor. [dna]