Prodi TI Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar kepada Mahasiswa

Prodi TI Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar kepada Mahasiswa

Program Studi S1 Teknologi Informasi (Prodi TI) FILKOM UB menyelenggarakan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar 2020 kepada mahasiswanya, Rabu (5/8/2020). Kegiatan ini dihadiri lebih dari 80 mahasiswa Prodi TI. Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. Ketua Prodi TI menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut.

Beberapa informasi yang disampaikan Widhy meliputi Kalender Akademik Semester Ganjil TA. 2020/2021, profil lulusan Prodi TI, kurikulum Jurusan SI Merdeka Belajar 2020, penjelasan program mata kuliah per semester pada kurikulum baru dan aturan peralihan. Profil lulusan Prodi TI yang ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar 2020 terdiri dari empat yaitu Perekayasa Integrasi Sistem, Pengelola Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi, Pengembang Aplikasi berbasis Layanan (Service) dan Pengelola Data dan Informasi.

Sementara itu perubahan yang dilakukan pada beberapa mata kuliah di kurikulum baru Prodi TI meliputi perubahan nama mata kuliah, perubahan bobot sks, penghilangan beberapa mata kuliah wajib dan perubahan mata kuliah wajib di kurikulum lama menjadi mata kuliah pilihan di kurikulum baru. Berbagai perubahan tersebut dilakukan dengan banyak pertimbangan demi membantu para mahasiswa untuk bisa mencapai profil lulusan Prodi TI.

Aturan peralihan diberlakukan pada masa transisi kurikulum ini untuk memudahakn mahasiswa beradaptasi dengan kurikulum baru. Adapun aturan peralihan yang berlaku bagi mahasiswa Prodi TI antara lain bagi mahasiswa yang belum sepenuhnya menempuh dan belum lulusa mata kuliah wajib di kurikulum 2016 tetap diwajibkan mengambil semua mata kuliah wajib di kurikulum 2020. Kemudian dapat dilengkapi dengan mengambil mata kuliah pilihan untuk mencapai minimal 144 sks.

“Untuk mata kuliah wajib PKM atau KKNT hanya diberlakukan untuk mahasiswa angkatan 2019 dan setelahnya,” jelas Widhy. [dna]