Dosen FILKOM UB Invited Speaker Pada SeNTIK STI&K 2020

Dosen FILKOM UB Invited Speaker Pada SeNTIK STI&K 2020

Herman Tolle, Dr. Eng., S.T., M.T. dosen sekaligus Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi salah satu invited speaker dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K 2020 (SeNTIK STI&K 2020). Seminar ini diselenggarakan oleh STMIK Jakarta STI&K bekerjasama dengan STIMATA Malang pada 23 – 24 September 2020. Bersama Herman, satu lagi invited speaker yang bergabung yaitu Andy Nugroho Dirgantara selaku Lead Data Engineer Traveloka, Lead Facebook DevC Malang.

Dalam kesempatan itu Herman menyampaikan materi tentang Data Science dalam Era Layanan Digital. Dijelaskan bahwa profesi data sains dalam era layanan digital saat ini sangatah penting. Hal ini mengingat semakin banyaknya data yang bisa dikumpulkan dengan dukungan teknologi saat. Data tersebut kemudian butuh diolah untuk bisa dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Data sains sendiri dijelaskan Herman merupakan ilmu tentang tahapan sistematis dalam menganalisa dan mengekstrak informasi dari data berukuran besar. Oleh karenanya data sains merupakan gabungan dari tiga bidang ilmu yaitu computer sains, matematika/statistika dan domain knowledge. Beberapa karir dalam bidang data sains meliputi business intelligence, data mining engineer, data architect dan data scientist.

Dalam akhir pemaparannya Herman juga menyampaikan beberapa studi kasus penggunaan data sains dalam layanan digital. Beberapa diantaranya adalah penentuan dynamic pricing dan memprediksi flight delay pada layanan penerbangan, analisis perilaku belanja konsumen untuk penentuan store layout serta segmentation dan personalitation pada aplikasi Gojek. Adapun skill yang harus dipelajari bagi mereka yang ingin mendalami bidang data sains meliputi statistics, programming, machine learning, algebra, dta wrangling, data visualization, big data, data intuition dan story telling. [dna]