Pembukaan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy 2020 FILKOM UB

Pembukaan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy 2020 FILKOM UB

Tahun 2020 ini Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali mendapat kepercayaan menjadi perguruan tinggi mitra Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam penyelenggaraan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy (DTS-FGA). Pembukaan pelaksanaan DTS-FGA 2020 FILKOM UB diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom pada Senin (21/9/2020).

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana DTS FGA 2020 FILKOM UB Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. Disampaikan Heru bahwa DTS FGA 2020 FILKOM UB akan diselenggarakan selama kurang lebih satu bulan pada 21 September hingga 27 Oktober 2020. Jumlah pendaftar tercatat sebanyak 335 orang dan dari hasil seleksi adminitrasi serta tes substansi dipilih 282 peserta yang diterima. Jumlah peserta tersebut dibagi dalam 13 kelas pelatihan, yaitu Database Design and Programming with SQL (3 kelas), CCNA Cyber Operations Specialist (1 kelas), Java Programming (1 kelas), CCNA Network Engineer (2 kelas), Data Science (3 kelas), Cloud Computing (2 kelas) dan Core System Administration (3 kelas).

“Sebenarnya tahun 2020 ini sebelumnya sudah ditargetkan akan dibuka tiga sesi. Pertama diawal perkuliahan, saat liburan dan diakhir tahun. Namun karena pandemi covid-19 hanya akan diadakan satu sesi pada September – Oktober 2020 saja,” jelas Heru.

Pelaksanaan DTS FGA tahun ini masih menggandeng lima mitra global tech yaitu Amazon, Cisco, IBM, Oracle dan Redhat. Penyelenggaraannya nanti akan melibatkan 35 dosen FILKOM, Teknik dan MIPA. Selain itu juga akan dibantu oleh asisten dari laboran dan dosen baru FILKOM. Harapannya pelatihan DTS FGA 2020 ini bisa membekali para fresh graduate dengan ilmu terbaru sesuai dengan kebutuhan industri. [dna]