Pelatihan Penggunaan LMS FILKOM dan Pembuatan Video Ajar

Pelatihan Penggunaan LMS FILKOM dan Pembuatan Video Ajar

Kondisi pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Semester Ganjil TA. 2020/2021 harus dilakukan secara daring. Para tenaga pengajar perlu memiliki keterampilan  memanfaatkan dan mengelola teknologi informasi untuk mengajar sehingga proses pembelajaran tidak hanya bertumpu pada pertemuan tatap muka (face to face) saja. Oleh karena itu diadakan kegiatan pelatihan daring Penggunaan Learning Management Systems (LMS) dan Pembuatan Video Ajar bagi seluruh tenaga pengajar FILKOM pada Jumat – Sabtu (11-12/9/2020).

Pada pelatihan dua hari tersebut terdapat tiga pemateri yang dipercaya untuk berbagi ilmu. Dua orang pemateri pada hari pertama adalah Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom. dan Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. Denny menjelaskan materi tentang tahapan serta teknis penggunaan LMS milik FILKOM UB yang diberinama ELING (eling.ub.ac.id). Sedangkan Fajar berkesempatan menyampaikan materi tentang cara pembuatan video ajar. Sementara itu pada hari kedua Putra Pandu Adikara, S.Kom., M.Kom. mendapat kesempatan untuk menyampaikan materi tentang cara penggunaan google classroom.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini tenaga pengajar/ dosen FILKOM dapat lebih terampil memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran daring. Sehingga kemudian dapat mewujudkan pembelajaran daring yang optimal secara kontinu tanpa terbatas ruang dan waktu. [dna]