Event Talk Skripsi Prodi SI 2020

Event Talk Skripsi Prodi SI 2020

Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informasi (KBMSI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan event talk daring melalui aplikasi google meet pada Kamis (27/8/2020). Pembahasan dalam event talk tersebut mengenai segala hal yang berkaitan dengan skripsi mahasiswa Prodi SI. Yusi Tyroni Mursityo S.Kom., M.AB. Ketua Prodi SI dan Diah Priharsari S.T., M.T., Ph.D Ketua Laboratorium SI menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut. Acara diikuti oleh sekitar 100 peserta dengan mayoritas peserta adalah mahasiswa Prodi SI angkatan 2017 dan SAP 2019.

Pada sesi pertama Yusi menyampaikan informasi tentang mekanisme skripsi dan Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) yang ada di Prodi SI. Membuka sesi pemaparannya Yusi menyampaikan tentang tahapan proses pengerjaan skripsi yang berlaku di FILKOM UB. Tahapan tersebut diawali dengan pra-proposal, kemudian dilanjutkan proposal, ujian P0, ujian P1, ujian P2, ujian semhas dan ujian skripsi serta revisi. Yusi juga menjelaskan tentang berbagai KJFD yang ada di Prodi SI dan topik riset yang mungkin diangkat dari setiap KJFD. Terdapat empat KJFD di Prodi SI, meliputi KJFD Pengembangan Sistem Informasi, KJFD Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi, KJFD Manajemen Data dan Informasi serta KJFD Sistem Informasi Geografis.

“Untuk pembuatan pra-proposal, harus melalui diskusi dengan calon dosen pembimbing satu terlebih dahulu. Tujuannya untuk verifikasi apakah dosen bersangkutan bersedia menjadi calon dosen pembimbing satu atau tidak. Jika dosen bersedia, baru dilanjutkan dengan unggah dokumen pra-proposal ke FILKOM Apps,” jelas Yusi.

Sementara itu Diah menjelaskan mengenai topik riset skripsi yang ada di Lab. SI. Ada dua topik utama penelitian yang saat ini sedang dikerjakan di Lab. SI meliputi (1) penelitian tentang implementasi sistem informasi pada sosial media, komunitas online dan digital platform lainnya serta (2) pengalaman pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Diah berpesan bahwa penelitian adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui dengan persisten.

“Memang seringkali waktu meneliti Anda tidak tahu setelah satu langkah ini apa yang akan dihadapi. Itu tidak apa-apa, tidak masalah. Yang penting dalam perjalanan skripsi ini Anda harus persisten yaitu maju ke depan. Jangan diam di tempat atau mundur ke belakang,” pesan Diah. [dna]

 

*Materi presentasi, notulensi dan rekaman video acara dapat diakses pada tautan berikut https://bit.ly/EventTalkSkripsi2020