Sosialisasi Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2020

Sosialisasi Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2020

Bagian Kemahasiswaan dan ROBOTIIK, sebuah komunitas robotika di FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan sosialisasi daring tentang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2020 pada Selasa (28/7/2020). Acara diikuti oleh belasan mahasiswa FILKOM yang juga merupakan anggota ROBOTIIK. Sementara itu pemateri yang dipercaya sebagai narasumber adalah Rizal Maulana, S.T., M.T., M.Sc. atau akrab dipanggil Lana, satu dosen FILKOM yang memiliki keminatan di bidang Teknik Biomedis dan Robotika.

“Pesertanya dari komunitas robotika di FILKOM, karena memang selama ini untuk lomba KRI pasti diwakili dari komunitas robotika,” jelas Lana.

Dalam paparannya Lana menyampaikan bahwa KRI 2020 dibagi dalam 6 (enam) divisi lomba yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Setiap institusi hanya bisa mengirimkan satu perwakilan untuk masing-masing divisi. Dari pengalaman beberapa tahun terakhir FILKOM biasa mengirim perwakilannya untuk divisi KRSBI dan KRPAI. Tim yang dipilih dari FILKOM kemudian akan melakukan tanding dengan perwakilan dari fakultas lain untuk menentukan tim mana yang berangkat mewakili UB di tingkat nasional. Oleh karena itu penjelasan yang disampaikan Lana lebih banyak dititikberatkan pada penjelasan tentang KRSBI dan KRPAI.

Pada tahun ini KRSBI Humanoid diadakan secara daring dengan 3 (tiga) kategori technical challenge (TC) yang dikompetisikan, meliputi: Lomba Lari 12 meter (LL), Lomba Menggiring Bola (LMB) dan Lomba Kerjasama Robot (LKR). Masing-masing kategori diselenggarakan dalam bentuk lomba sistem setengah kompetisi, yaitu setiap peserta akan bertemu dengan semua peserta lainnya satu kali. Setiap peserta berlaga di tempat (PT) masing-masing dan dipantau oleh Juri dan Panitia secara daring melalui video conference. Pada dasarnya perlombaan dalam seluruh kategori TC KRSBI 2020 ini dihitung berdasarkan waktu tercepat seperti pada olahraga atletik. Yang tercepat akan menjadi pemenang. Dalam keseluruhan TC KRSBI 2020 ini akan ditentukan Juara I, II dan III.

Sementara itu untuk KRPAI hanya ada satu kategori yang diperlombakan yaitu Kontes Robot Pemadam Api Berkaki. Dalam kategori lomba ini peserta harus meletakkan robot berkaki yang telah dibuatnya sesuai ketentuan berlaku di sebuah arena yang menyerupai rumah dengan 4 buah ruangan. Dimana pada salah satu ruangan terdapat sebuah lilin yang mewakili sebuah titik api. Robot kemudian ditempatkan pada suatu ruangan secara acak. Ketika alarm berbunyi maka robot tersebut harus dapat menemukan keberadaan titik api secara otonomus tanpa dikendalikan oleh operator. Robot harus dapat memadamkan titik api tersebut dan mampu kembali ke ruang semula. Diberikan tiga kali kesempatan untuk robot dalam memadamkan api. Robot dengan waktu tercepat dalam tiga kali kesempatan tersebut akan ditetapkan sebagai pemenang.

Harapannya perwakilan komunitas robotika FILKOM bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk ikut serta dalam KRI 2020. Informasi lebih lanjut mengenai KRI 2020 ini dapat dilihat di https://kontesrobotindonesia.id/kri-2020.html. [dna]