Sosialisasi Lomba Tingkat Nasional bagi Mahasiswa FILKOM UB

Sosialisasi Lomba Tingkat Nasional bagi Mahasiswa FILKOM UB

Kemahasiswaan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspresnas Kemendikbud) tahun 2020. Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi google meet pada Senin (27/7/2020). Tiga narasumber dari perwakilan dosen FILKOM yang dipercaya menyampaikan materi pada kesempatan tersebut adalah Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., Lutfi Fanani, S.Kom., M.T., M.Sc. dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.

Retno dalam sesi pertama menyampaikan informasi tentang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM). Dijelaskan Retno bahwa terdapat empat divisi lomba yang dikompetisikan pada LIDM 2020 meliputi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Inovasi Materi Digital Pendidikan, Kreasi Video Digital Sustainable Development Goals dan Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender. Pendaftaran LIDM 2020 dibuka tanggal 14 – 28 Juli 2020 dengan mengakses https://lidm2020.uny.ac.id.

Pada sesi kedua Lutfi menyampaikan materi tentang Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. Dijelaskan bahwa KIBM 2020 menawarkan tiga bidang kegiatan yaitu untuk Perguruan Tinggi Akademik, Perguruan Tinggi Vokasi dan Penyandang Disabilitas. Pendaftaran proposal dapat dilakukan tanggal 20 Juli –  19 Agustus 2020 secara daring melalui https://kibm.kemdikbud.go.id/.

Adam sebagai pemateri pada sesi ketiga menyampaikan sosialisasi tentang Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) tahun 2020. Dijelaskan oleh Adam bahwa tahun ini terdapat 11 kategori lomba yang dikompetisikan dalam Gemastik yaitu Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development, Smart Device, Embedded System & IoT, Game Development dan ICT Business Development. Pendaftaran Gemastik tahun 2020 dibuka 23 Juli – 7 Agustus 2020 dan informasi detailnya dapat diakses di https://gemastik13.telkomuniversity.ac.id.

“Ikut serta di lomba – lomba ini tidak ada ruginya. Kalau menang kalian bisa dapat reward dan prestasi kalian bisa dicatatkan sebagai pengganti PKL jalur lomba. Seumpama kalah pun banyak manfaat yang tetap bisa didapat seperti pengalaman. Kemudian bisa digunakan juga sebagai portofolio kalian yang pastinya akan dipertimbangkan sebagai nilai tambah saat kalian akan studi lanjut atau berkarir. Selain itu juga bisa menambah link atau kenalan,” jelas Adam.

Diakhir acara diinformasikan pula oleh Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom. salah satu dosen FILKOM yang ikut bergabung dalam sosialisasi bahwa Puspresnas Kemendikbud juga akan membuka pendaftaran kompetisi Satria Data 2020. Pendaftaran Satria Data tahun 2020 dapat dilakukan tanggal 27 Juli – 20 Agustus 2020 untuk kelompok Kompetisi Statistika Nasional (KSN), Statistics Essay Competition (SEC), dan Statistics Infographics Competition (SIC). Sementara untuk Big Data Challenge (BDC) pendaftaran dapat dilakukan tanggal 27 Juli – 04 Agustus 2020. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://satriadata.ipb.ac.id/. [dna]

*Jika berminat dan ada pertanyaan terkait berbagai lomba yang disebutkan di atas dapat menghubungi bagian Kemahasiswaan FILKOM UB untuk informasi lebih lanjut melalui email kmafilkom@ub.ac.id.