FILKOM UB Selenggarakan Konsolidasi Penyusunan Kurikulum Kampus Merdeka

FILKOM UB Selenggarakan Konsolidasi Penyusunan Kurikulum Kampus Merdeka

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan konsolidasi penyusunan kurikulum Kampus Merdeka pada Jumat hingga Sabtu (17 – 18/7/2020). Bertempat di gedung F lantai 10 FILKOM UB acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan menyusul telah ditetapkannya pedoman kebijakan Sistem Merdeka Belajar Mahasiswa oleh UB sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang tertuang dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020.

Kegiatan konsolidasi ini terdiri atas empat sesi utama yang dibagi masing-masing dua sesi per hari. Sesi pertama dan kedua masing-masing diisi dengan pembahasan konsep kampus merdeka, pembahasan mata kuliah umum, mata kuliah universitas dan mata kuliah fakultas. Narasumber untuk kedua sesi tersebut adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr.Eng.Herman Tolle, S.T., M.T. Sementara itu sesi ketiga dan keempat disampaikan pada hari kedua oleh Eko Setiawan, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) FILKOM UB. Masing-masing sesi membahas Standarisasi Penyusunan Buku Kurikulum dan Pembahasan Standarisasi Silabus serta Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Acara kemudian ditutup dengan presentasi hasil rancangan kurikulum program studi oleh masing-masing kepala program studi yang ada di FILKOM.

Kegiatan konsolidasi ini menargetkan luaran berupa rancangan kurikulum baru sesuai ketentuan Sistem Merdeka Belajar Mahasiswa. Nantinya rancangan kurikulum tersebut akan disempurnakan lagi di masing-masing program studi (prodi) dan dijadwalkan untuk disahkan di akhir Juli 2020.

“Saya lihat sebagian besar masih banyak yang belum selesai khususnya pada bagian silabus. Kita masih punya waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan di masing-masing prodi. Harapannya sebelum akhir Juli 2020 bisa bertemu lagi untuk finalisasi dokumen dan persiapan dokumen untuk disahkan dan dicetak. Hasil cetak nanti diutamakan untuk acuan referensi di FILKOM bagi dosen dan mahasiswa, sebagai informasi struktur kurikulum semester depan (Semester Ganjil TA. 2020/2021),” ungkap Herman dalam penutupan acara. [dna]