Kuliah Tamu daring Data Science bersama PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek)

Kuliah Tamu daring Data Science bersama PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek)

Basic Computing Community (BCC), salah satu komunitas mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bekerjasama dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menyelenggarakan Kuliah Tamu secara daring bertajuk “Data Science : The Three Data Science Core (Biz, Math, Coding)” pada Kamis (25/6/2020) melalui aplikasi Zoom.

Muhammad Iqbal Tawakal selaku Data Scientist GOJEK dipercaya sebagai pemateri dalam kesempatan tersebut. Acara dibagi dalam dua sesi dimana sesi pertama adalah workshop dan penyampaian materi. Sementara sesi kedua adalah sesi sharing dan tanya jawab. Acara yang diikuti oleh sekitar 29 peserta ini berjalan dengan dipandu oleh salah satu anggota BCC Raka Aditya Pratama.

Peserta dalam acara ini harus memenuhi syarat seleksi yaitu memahami Object Oriented Programming (OOP) di dalam pemrograman Java dan memahami konsep kalkulus serta matematika komputasi. Pada sesi materi M. Iqbal menjelaskan mengenai dasar pengetahuan terkait definisi data science dan bagaimana perannya dalam membantu pemecahan masalah bisnis. Selain itu dijelaskan pula materi secara konseptual dan teoritis. M. Iqbal juga membagikan pengalamannya selama bekerja dan belajar di bidang data science, termasuk berbagai kegiatan yang dilakukannya saat menjadi data scientist di GOJEK. Selain itu dalam M. Iqbal juga memberikan berbagai tips untuk peserta dalam meningkatkan minat belajar terkait data science. [bcc/dna]