Pelantikan Dekan FILKOM UB Periode 2020 – 2024

Pelantikan Dekan FILKOM UB Periode 2020 – 2024

Pada Senin, 13 April 2020 pkl. 13.00 WIB telah dilaksanakan pelantikan atas Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) periode 2020-2024 bertempat di Gedung Kebudayaan Mahasiswa Universitas Brawijaya (GKM UB). Kegiatan pelantikan hanya dihadiri oleh Rektor UB, pejabat yang dilantik, saksi dan protokoler untuk upaya pencegahan penyebaran infeksi Covid-19. Sementara itu undangan lain seperti Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Program Vokasi, para Wakil Dekan,Ketua LPPM, Ketua LP3M, Kepala UPT, Kepala Biro, Kepala Bagian dan KTU menyaksikan pelantikan secara daring. Pada kesempatan itu Wayan dilantik bersama tiga pejabat lain yaitu drh. Dyah Ayu Oktavianie Ardhiana Pratama, M. Biotech selaku Dekan FKH, Dr. Drg. Nur Permatasari, MS. selaku Dekan FKG dan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, D.E.A. selaku Ketua Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Sentral Sains dan Rekayasa.

Untuk diketahui ini merupakan periode kedua Wayan menjabat sebagai Dekan FILKOM UB. Disampaikan Wayan bahwa dirinya bersyukur karena periode pertama sebagai Dekan FILKOM bisa dilalui dengan baik berkat dukungan semua sivitas akademika FILKOM.

“Meskipun harus diakui banyak kekurangan  di berbagai aspek, tapi Alhamdulilah target utama untuk menyediakan struktur dan infrastuktur akademik bisa diselesaikan. Hal ini memang menjadi prioritas karena desakan dari mahasiswa maupun dosen dan staf kependidikan untuk ketersediaan sarana dan fasilitas yang memadai. Meskipun FILKOM merupakan fakultas termuda di UB, tapi fasilitasnya tidak boleh di bawah standar fakultas-fakultas lain yang sudah mapan,” ungkap Wayan saat dikonfirmasi usai pelantikan.

Diakui Wayn bahwa tantangan kedepan untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkannya tidaklah mudah. Tantangan regulasi dan kebijakan baru seperti konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar memerlukan gerak organisasi yang adaptif. Oleh karena itu Wayan sangat mengharapkan dukungan penuh dari segenap sivitas akademika FILKOM.

Untuk diketahui menurut Ir. Primantara Hari Trisnawan, M.Sc. selaku Ketua Panitia Penjaringan Calon Dekan FILKOM UB Periode 2020-2024, kegiatan penjaringan calon dekan FILKOM telah dilaksanakan pada 13 Januari – 17 Maret 2020 dengan jadwal tahapan pelaksanaan dapat dilihat di tautan berikut (klik disini). Dari proses tersebut hanya terdapat calon tunggal yang akhirnya diputuskan oleh senat FILKOM sebagai calon dekan untuk diajukan kepada Rektor UB. Hal ini dikarenakan hingga akhir masa pendaftaran bakal calon dekan tidak ada berkas yang masuk dan hanya Wayan yang memenuhi kriteria sebagai calon dekan dari internal FILKOM.

“Penjaringan calon dekan sudah kita laksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kemudian hasilnya oleh panitia diserahkan kepada senat fakultas untuk dipertimbangkan dan disampaikan kepada Rektor UB. Kemudian Rektor UB yang berhak mengambil keputusan akhir,” jelas Primantara. [dna]

Berikut adalah Visi dan Misi Dekan FILKOM UB Periode 2020-2024:

Visi : “Mewujudkan Fakultas Ilmu Komputer berskala internasional yang berkarakter unggul, menginspirasi, mandiri dan berbudaya”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, disusunlah misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan struktur dan infrastuktur untuk mencapai Standar Mutu Universitas Brawijaya (SMUB)
  2. Meningkatkan kapasitas dan fungsi elemen-elemen organisasi FILKOM
  3. Mendorong kapasitas unit pelaksana kerjasama untuk aktif dalam kancah nasional dan internasional
  4. Mengantarkan FILKOM untuk hilirisasi hasil riset sesuai kebutuhan masyarakat
  5. Memperluas potensi kemandirian organisasi
  6. Meningkatkan rasa percaya diri, partisipasi, kedisiplinan dan komitmen sivitas akademika untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif.