Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kampus Merdeka FILKOM UB dan FT UM

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kampus Merdeka FILKOM UB dan FT UM

Telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk pelaksanaan program Kampus Merdeka oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dengan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (FT UM) pada Selasa (29/9/2020). Acara dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES, jajaran pimpinan dan perwakilan dosen FILKOM UB dan FT UB, serta perwakilan mahasiswa yang lolos seleksi program student exchange kampus merdeka FILKOM UB – FT UM. Acara dihadiri pula oleh perwakilan STKIP PGRI Sumatra Barat yang sebelumnya juga telah melakukan kesepakatan program merdeka belajar dengan FT UB.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Aulanni’am dan dilanjutkan oleh sambutan Dekan FILKOM UB, Dekan FT UM dan Kaprodi STKIP PGRI Sumatra Barat. Kemudian acara utama berupa penandatanganan secara simbolis dan ditutup dengan sesi pengenalan pejabat dan pengajar masing-masing fakultas. Dalam sambutannya Prof. Aulanni’am menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Semoga ikhtiar kita dengan daring ini untuk bisa menandatangani MoU antara FILKOM UB dan FT UM bisa berjalan dengan baik. Sudah kita ketahui semua bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM ini adalah model pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa untuk bekal memasuki dunia kerja. Maka ini adalah salah satu model merdeka belajar antar Program Studi di luar Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Implementasi PKS ini akan segera dilaksanakan, paling lambat pekan depan. Dimana saat ini sudah tercatat 18 mahasiswa FILKOM UB yang akan mengambil perkuliahan di FT UM. Beberapa mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa FILKOM UB di FT UM yaitu Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Manajemen Pendidikan Kejuruan, serta Teknologi Pembelajaran Kreatif.  

Sementara itu dari FT UM tercatat 29 mahasiswa yang akan mengambil perkuliahan di FILKOM UB pada Semester Ganjil TA. 2020/2021. Ada dua mata kuliah yang dapat mereka ambil, yaitu User Experience (UX) serta Inovasi dan Co-Creation. Harapannya kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi banyak pihak dan bisa dilanjutkan pada semester selanjutnya. [dna]