Bimbingan Teknis dan Evaluasi FGA DTS 2019 UB Batch II

Bimbingan Teknis dan Evaluasi FGA DTS 2019 UB Batch II

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah berkomitmen untuk bersedia kembali menjadi mitra Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam penyelenggaraan Fresh Graduate Academy – Digital Talent Scholarship (FGA DTS) tahun 2020. Oleh karenanya untuk memberikan layanan yang lebih baik, dilakukan kegiatan evaluasi dan bimbingan teknis bagi instruktur dan instruktur pendamping yang terlibat dalam FGA DTS batch II (24-25/1/2020). Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan FILKOM, ketua pelaksana DTS UB Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom., instruktur dan instruktur pendamping pada FGA – DTS UB 2019 Batch II.

Dalam kegiatan itu Heru melaporkan hasil pelaksanaan FGA – DTS UB 2019 Batch II. Seperti diketahui FGA DTS batch II telah terlaksana akhir tahun 2019 lalu dengan jumlah peminat yang cukup besar mencapai 364 pendaftar dari target kuota 202 peserta. Sementara itu jumlah Instruktur sebanyak 18 orang dan instruktur pendamping sejumlah 15 orang. Pelatihan yang ditawarkan kala itu meliputi enam tema, yaitu Big Data Analytics, Cloud Computing, Cyber security dan Internet of Things. Kegiatan pelatihan dilaksanakan 18 September hingga 18 November 2019.

Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa peserta yang tidak meneruskan pelatihan dengan berbagai alasan, termasuk karena telah diterima kerja. Pada bidang cloud computing terdapat 11% peserta yang mengundurkan diri. Kemudian pada bidang cyber security 2% peserta mengundurkan diri dan pada bidang Internet of Things ada 6% peserta yang mengundurkan diri. Karenanya pada penerimaan pendaftar di FGA DTS UB 2020  rencananya akan diperketat.

Sementara itu dari segi instruktur dan instruktur pendamping terdapat masalah pada waktu pengajaran yang bersamaan dengan perkuliahan regular, mengingat pada FGA DTS 2019 batch II dilaksanakan pada masa aktif kuliah. Sebagai solusi kedepannya pengajar akan ditambah, sehingga jam mengajar di FGA DTS tidak terlalu banyak per dosen sehingga tidak mengganggu aktivitas mengajar perkuliahan regular. [dna]

Berita mengenai rencana penyelenggaraan FGA DTS 2020 UB dapat dilihat di tautan berikut https://filkom.ub.ac.id/page/read/pengumuman/rencana-penyelenggaraan-fga-dts-ub-2020/0345734