Pelatihan Membuat Scalable App oleh Amazon Web Services (AWS) Indonesia

Pelatihan Membuat Scalable App oleh Amazon Web Services (AWS) Indonesia

Jurusan Teknik Informastika (JTIF) FILKOM UB bekerjasama dengan Amazon Web Services (AWS) Indonesia menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk “How to Build a Scalable App on AWS” pada Rabu (10/7/2019). Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan salah satunya untuk meningkatkan wawasan ilmu dan kompetensi tentang beberapa teknologi terkini di bidang cloud service dan pengembangan aplikasi. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah dosen dan mahasiswa JTIF FILKOM UB yang merupakan calon peserta Gemastik 2019. Sementara itu pemateri dari AWS Indonesia pada kesempatan itu adalah Ronaldo Josep selaku AWS solution architect dan Meher Vaswani selaku AWS startup Business Development, Indonesia.

AWS lndonesia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan sumber daya layanan berbasis cloud (web service) dan software solution provider untuk semua kalangan baik startup, industri hingga lembaga penelitian akademis di seluruh dunia. Dari profil perusahaan maupun produk AWS lndonesia tersebut terdapat irisan keilmuan dengan JTIF, khususnya bidang Media, Game & Mobile Technology (MGM), Komputer Berbasis Jaringan (KBJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi profil AWS, produk/layanan AWS secara teknis, apps architecture, reliable & scalable IT product dan finansial impactnya.

“Bagi setiap peserta yang hadir diberikan secara cuma-cuma berupa credit AWS yang nilainya setara USD 2.000. Dengan kredit tersebut peserta dapat memanfaatkan layanan/produk AWS secara gratis hingga nilai kredit yang diberikan habis,” jelas Komang.

Tidak hanya untuk mendapatkan tambahan pengetahuan tentang update teknologi, kegiatan ini juga diarahkan untuk menggali peluang penjajakan kerjasama yang lebih lanjut dengan AWS Indonesia. Harapannya dapat membuka peluang untuk kerjasama penyelenggaraan kuliah tamu rutin, kesempatan PKL khususnya untuk mahasiswa JTIF, magang dan open recruitment untuk bekerja di AWS Indonesia.