Ujian Certified Labview Associate Developer (CLAD) National Instruments Mei 2019

Ujian Certified Labview Associate Developer (CLAD) National Instruments Mei 2019

Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan kualitas lulusannya, Program Studi Teknik Komputer (Prodi TKOM) mengadakan ujian Certified Labview Associate Developer (CLAD) dari National Instruments (NI) pada 8 Mei 2019 di Laboratorium Pembelajaran Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Bagi peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari NI yang berguna sebagai tanda bahwa mereka memiliki kemampuan melakukan proses rekayasa dengan memanfaatkan platform dari NI yaitu perangkat lunak LABVIEW dan perangkat keras MyRIO NI ELVIS, DAQ.

Sebelum dilakukan ujian CLAD, 47 mahasiswa prodi TKOM yang telah mendaftar dibagi dalam dua kelas untuk mengikuti pelatihan. Masing-masing kelas harus menempuh total 20 jam kelas materi dan praktek. Kelas pelatihan ini dilaksanakan tanggal 1 – 30 April 2019. Materi serta praktek yang diberikan meliputi lab view core 1 dan lab view core 2 serta praktek penggunaan MyRIO NI ELVIS, DAQ. Dari total 47 peserta yang mengikuti pelatihan hanya 24 peserta yang kemudian melanjutkan hingga ujian CLAD. Dari hasil ujian tersebut 1 orang peserta lulus dan mendapatkan sertifikat CLAD dari NI. Dia adalah M. Adinura Julian Habibie mahasiswa angkatan 2016.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama NI dengan FILKOM UB ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Untuk diketahui, Program Studi Teknik Komputer (Prodi TKOM), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) merupakan salah satu Labview Academy yang ada di Indonesia. LabVIEW Academy merupakan sebuah program dari National Instruments (NI) untuk lembaga akademik dalam mengembangkan kemampuan peserta didiknya agar memiliki kemampuan dalam melakukan proses rekayasa menggunakan platform NI baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain itu, prodi TKOM sebagai Labview Academy memiliki hak juga untuk melakukan pelatihan dan menyediakan ujian sertifikasi Labview dari National Instruments. [dna]