Sharing Topik Skripsi Bagi Mahasiswa Prodi TIF

Sharing Topik Skripsi Bagi Mahasiswa Prodi TIF

Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF) menyelenggarakan kegiatan presentasi serta sharing topik skripsi bagi mahasiswa angkatan 2013, 2014 dan 2015 pada Selasa dan Kamis (21 & 23/8/2018). Dalam acara ini para dosen Prodi TIF menyampaikan berbagai topik penelitian sesuai keminatan masing-masing yang dapat digunakan para mahasiswa untuk skripsinya. Disampaikan oleh Plt. Kaprodi TIF Bayu Priyambadha, S.Kom, M.Kom. bahwa kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk membantu para mahasiswa menyelesaikan studinya tepat waktu. Hingga saat ini tercatat total 937 mahasiswa dari angkatan 2013, 2014 dan 2015 yang belum memrogram skripsi di Kartu Rencana Studi (KRS). Dari jumlah tersebut 24 mahasiswa angkatan 2013, 44 mahasiswa angkatan 2014 dan 869 mahasiswa angkatan 2015. Karena itu kegiatan ini dirasa sangat penting untuk dilaksanakan. Rencananya dari kegiatan ini mahasiswa akan diarahkan mengikuti mata kuliah induksi riset yang diampu masing-masing dosen pemberi topik skripsi. Dalam mata kuliah induksi riset tersebut nantinya mahasiswa akan memperoleh pembimbingan yang terfokus pada pembuatan skripsi sesuai keminatan dan topik yang dipilih.

“Mekanismenya, mahasiswa yang ikut sharing topik skripsi ini dan tertarik dengan topik yang ditawarkan dosen tertentu dapat langsung mendaftarkan nama dan NIM ke dosen bersangkutan. Kemudian nama-nama tersebut akan diajukan ke Kaprodi TIF untuk kemudian diproses penambahan mata kuliah induksi riset di KRSnya tanpa harus melakukan proses batal tambah KRS,” jelas Bayu.

Pada hari Selasa, sharing topik dibagi dalam dua sesi. Pertama sesi untuk keminatan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan yang kedua keminatan Komputasi Cerdas (KC). Dosen keminatan RPL yang hadir Bayu Priyambadha, S.Kom, M.Kom dan Denny Sagita Rusdianto, S.Kom, M.Kom. Topik yang ditawarkan oleh Bayu terkait Effective Refactoring Method yang bisa mencakup code smell detection, automatic refactoring dan effective refactoring. Sementara topik yang ditawarkan Denny terdiri atas dua topik besar yaitu (1) topik terkait permasalahan yang ditemui sehari-hari dan (2) topik terkait permasalahan yang terjadi pada proses Requirement Engineering. Diberikan contoh lebih detil oleh Denny untuk topik pertama bisa mencakup area FILKOM, point of sales dan pengelolaan aplikasi bagi ibu rumah tangga. Contoh di area FILKOM antara lain seperti integrasi jurnal OJS dan aplikasi Native atau modul kepegawaian meliputi kehadiran hingga pemrosesan kepangkatan dosen dan staf. Contoh mengenai point of sales antara lain produk generik, customer support dan analisa penjualan. Sementara contoh untuk pengelolaan aplikasi bagi ibu rumah tangga antara lain pengelolaan pengeluaran dan pemasukan, resep makanan yang terintegrasi dengan cookpad.

Sementara sharing topik keminatan KC dihadiri beberapa dosen antara lain Randy Cahya Wihandika, S.ST., M.Kom. dan Mochammad Ali Fauzi, S.Kom, M.Kom. Topik yang ditawarkan Randy terkait image processing, meliputi segmentasi pembuluh darah retina, pengenalan wajah, klasifikasi gender atau kategorisasi usia berdasarkan citra wajah. Sedangkan topik yang ditawarkan M. Ali terkait text mining meliputi N-Gram with several feature selections and combination of them dan Lexicon Based Semantic Orientation and Machine Learning.

Pada hari Kamis, sharing topik juga dibagi dalam dua sesi. Pertama sesi untuk keminatan Mutimedia, Game dan Mobile (MGM) dan sesi kedua untuk keminatan Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ). Sharing keminatan MGM dihadari oleh Ratih Kartika Dewi, S.T., M.Kom yang menawarkan topik Sistem Pembantu Pengambilan Keputusan atau Sistem Rekomendasi. Sebagai contoh di bidang olah raga, Sistem Rekomendasi Lapangan Futsal atau Kolam Renang, dsb. Di bidang kuliner contohnya Sistem Rekomendasi Lokasi Penjualan Sayuran Organik atau Catering Makanan Sehat, dsb.

Sementara itu sharing keminatan KBJ dihadiri oleh Mahendra Data, S.Kom., M.Kom yang menawarkan topik meliputi bidang Administrasi Server (contoh: Kontainer, visualisasi, load balancing dan monitoring), Keamanan Jaringan (contoh: Kriptografi, network attack, IDS/IPS), Administrasi Jaringan (contoh: SDN, load balancing, routing, DTN, WMN dan monitoring), Jaringan Multimedia (contoh: Voip, Streaming Tech dan codec), Aplikasi Berbasis Jaringan (contoh: Middleware, Web Service dan Messaging Protocol:Pub/Sub, CoAP, MQTT)

Bagi mahasiswa yang tertarik dengan salah satu topik tersebut diatas dapat menghubungi masing-masing dosen terkait untuk didaftarkan dalam kelas induksi. Bagi mahasiswa keminatan KBJ dapat mendaftarkan diri secara online melalui link berikut bit.ly/induksi-riset-kbj. [dna]