Kuliah Tamu Simplify The Future With Serverless bersama PT. Sepulsa Teknologi Indonesia & AWS Indonesia

Kuliah Tamu Simplify The Future With Serverless bersama PT. Sepulsa Teknologi Indonesia & AWS Indonesia

Jurusan Teknik Informatika (JTIF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB)  bekerja sama dengan PT. Sepulsa Teknologi Indonesia (Sepulsa) dan Amazon Web Services Indonesia (AWS) menyelenggarakan Kuliah Tamu bertajuk Simplify The Future With Serverless pada Jumat (27/7). Bertempat di Ruang Multimedia gedung F lantai 12, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 200 peserta baik dari civitas akademika FILKOM UB maupun peserta umum. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Roy Gunawan selaku Development Manager di Sepulsa dimana pada sambutannya menyampaikan capaian dan kiprah Sepulsa di Indonesia. Dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D yang menyampaikan pentingnya kolaborasi antara FILKOM UB dengan mitra industri TI terutama dalam hal praktek kerja lapang maupun kolaborasi perkembangan keilmuan terkini.

Kuliah tamu ini menghadirkan 3 pembicara, Andreas Y Nugroho sebagai System Architect di Sepulsa, Bayu Aji sebagai System Engineer di Sepulsa, dan Silvia Wibowo sebagai Solution Architect di AWS Indonesia. Beberapa topik yang diangkat diantaranya : Pengantar Cloud Computing sebagai masa depan, kisah sukses AWS dalam menyediakan fitur untuk bisnis, dan diskusi aplikasi berbasis Serverless. Ketiga pembicara tersebut banyak membagikan pengalamannya mengenai cloud computing, implementasi serverless, dan manajemen cloud resources. Dipaparkan pula oleh Bayu Aji teknologi terbaru apa saja yang saat ini digunakan oleh Sepulsa untuk meningkatkan pelayanannya kepada konsumen.

AWS sendiri berkaitan erat dengan kebutuhan akan serverless yang semakin diminati di bidang teknologi informasi. Silvia Wibowo sebagai Solution Architect di AWS, yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam industri TI telah memiliki banyak sudut pandang akan perkembangan dunia TI. Dia membagikan pengalaman dan pengetahuannya kepada audience tentang bagaimana AWS mampu memberikan layanan terbaiknya dalam peningkatan keamanan, keandalan, efisiensi kerja, optimalisasi biaya dan keunggulan operasional bagi klien bisnisnya selama ini. Dalamnya pengetahuan di bidang layanan cloud, infrastruktur jaringan dan nirkabel, hingga media digital (audio video) membuatnya mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam manajemen tim, negosiasi, dan perencanaan bisnis sehingga mendongkrak AWS dalam ranking terbaik di jajaran perusahaan yang bergerak di bidang TI.

Selain kegiatan kuliah tamu, FILKOM UB dengan Sepulsa menjalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara FILKOM UB yang diwakili oleh Dekan FILKOM UB dan pihak Sepulsa yang diwakili oleh Puspa Maslim selaku Chief of Happiness Resources (CHR).

Kegiatan ini berlangsung cukup semarak, dimana sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung cukup hangat dan interaktif antara peserta dengan pembicara. Diharapkan FILKOM UB dapat mengadakan kegiatan serupa yang lebih intens sehingga banyak membekali civitas tentang pengetahuan dan perkembangan dunia TI yang tidak disampaikan di perkuliahan.