Pelaksanaan Ujian Certified Labview Associate Developer (CLAD) dari National Instruments

Pelaksanaan Ujian Certified Labview Associate Developer (CLAD) dari National Instruments

Program Studi Teknik Komputer (Prodi TKOM), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) merupakan salah satu Labview Academy yang ada di Indonesia.
LabVIEW Academy merupakan sebuah program dari National Instruments (NI) untuk lembaga akademik untuk mengembangkan siswa yang percaya diri dan memiliki kemampuan dalam melakukan proses rekayasa menggunakan platform NI baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain itu, prodi TKOM sebagai Labview Academy memiliki hak juga untuk melakukan pelatihan dan menyediakan ujian sertifikasi Labview dari National Instruments.

Karena itu, dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan kualitas lulusannya, Prodi TKOM mengadakan ujian sertifikasi CLAD yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2018 di Laboratorium di FILKOM UB. Harapannya, peserta akan lulus ujian dan mendapatkan sertifikat dari NI yang menandakan bahwa seseorang tersebut memiliki kemampuan melakukan proses rekayasa dengan memanfaatkan platform dari NI yaitu perangkat lunak LABVIEW dan perangkat keras MyRIO NI ELVIS, DAQ.

Ujian sertifikasi diikuti oleh mahasiswa TKOM angkatan 2014 dan laboran/pranata laboratorium FILKOM UB. Mahasiswa yang dipilih adalah angkatan 2014 karena mereka akan lulus tahun ini sehingga diharapkan dengan memiliki kemampuan dan sertifikat CLAD dari NI ini akan meningkatkan kemampuan dan nilai jual mereka saat mencari pekerjaan. Sedangkan laboran juga dipilih karena hal itu dapat meningkatkan kompetensi mereka yang tentunya bermanfaat baik bagi diri mereka sendiri maupun institusi.

Dari kegiatan tersebut, 2 orang mahasiswa TKOM 2014 dan 1 orang laboran lulus ujian dan mendapatkan sertifikat CLAD dari NI. Laboran adalah Franciscus Priharsono, sehingga saat ini ada 3 laboran di FILKOM UB yang memiliki sertifikat CLAD ini yaitu, Franciscus Priharsono, Aditya Hari, dan Aninditya Nugroho. Sedang untuk mahasiswa yang lulus adalah Octavian Metta dan Haqqi Rizqi, sehingga sampai saat ini sudah ada 4 orang mahasiswa TKOM yang memiliki sertifikat CLAD yaitu Apry Nur Sudianto, Joniar Dimas, Octavian Metta, dan Haqqi Rizqi. Bahkan Haqqi Rizqi mendapatkan skor yang hampir sempurna yaitu 95 dari skala 100. Dengan capaiannya tersebut Haqqi mengaku langsung mendapatkan tawaran pekerjaan dari  perusahaan rekanan NI yaitu PT. Rigeltama Sukses Mandiri. Disampaikan oleh Haqqi bahwa tawaran posisi yang didapatnya adalah vision engineering. Ditanya mengenai tips untuk bisa lolos sertifikasi NI Labview dengan nilai tinggi, Haqqi mengungkapkan bahwa dirinya mempelajari materi yang ada kemudian mempraktekkannya dengan rutin hingga hafal di luar kepala selama satu bulan.

“Saya tertarik ikut sertifikasi ini karena katanya yang punya sertifikasi ini masih sedikit sekali. Jadi bisa ada kesempatan yang luas untuk bisa mendapat pekerjaan,” ujar Haqqi.