Kunjungan SMA Negeri 2 Wonogiri di FILKOM UB

Kunjungan SMA Negeri 2 Wonogiri di FILKOM UB

Ratusan siswa SMA Negeri 2 Wonogiri melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Rabu (8/11/2017). Para siswa yang hadir bersama beberapa guru pendampingnya tersebut terdiri atas siswa kelas XI dari berbagai jurusan keminatan baik IPA, IPS maupun bahasa. Para peserta kunjungan disambut baik oleh perwakilan pimpinan FILKOM Issa Arwani, S.Kom, M.Sc. selaku Plt. Kepala Program Studi Teknologi Informasi (Kaprodi TI) dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. salah satu dosen pengajar serta beberapa staf bagian kemahasiswaan FILKOM.

Tarmo, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 2 Wonogiri yang turut hadir mendampingi para siswanya mengatakan bahwa dirinya mewakili SMAN 2 Wonogiri berterima kasih karena telah diberi kesempatan melakukan kunjungan ke FILKOM dan disambut dengan baik. Tujuan diadakannya kunjungan ini adalah untuk memberikan gambaran pada para siswa tentang Perguruan Tinggi (PT) favorit di Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan motivasi bagi para siswa agar saat lulus dapat melanjutkan studinya di PT yang berkualitas.

Sementara itu dalam paparannya Issa dan Adam menyampaikan tentang gambaran umum pelaksanaan pembelajaran di FILKOM UB. Mulai dari sejarah berdirinya, berbagai jurusan dan program studi yang ditawarkan, fasilitas sarana prasaraan dan berbagai pilihan jalur masuk yang dapat diambil. Dijelaskan oleh Issa bahwa FILKOM berdiri pada tahun 2015 lalu, setelah sebelumnya sejak tahun 2012 berstatus Program cikal bakal Fakultas dengan nama Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK). FILKOM memiliki dua jurusan yaitu jurusan Teknik Informatika (TIF) dan jurusan Sistem Informasi (SI). Setiap jurusan menawarkan tiga program studi. Dimana jurusan TIF menawarkan prodi Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Magister Ilmu Komputer (S2). Sementara itu jurusan SI menawarkan program studi Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Pendidikan Teknologi Informasi. Bagi para lulusan SMA sederajat yang berminat untuk melanjutkan studi S1 di FILKOM dapat mengikuti beberapa seleksi jalur masuk yang diselenggarakan baik melalui jalur nasional maupun alur mandiri. Jalur nasional meliputi SNMPTN dan SBMPTN. Sementara jalur mandiri meliputi Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) dan Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD). Informasi lebih lanjut mengenai seleksi jalur masuk ini dapat diakses di selma.ub.ac.id. [dna]