Pelatihan E-Learning berbasis Moodle bagi Dosen FILKOM UB

Pelatihan E-Learning berbasis Moodle bagi Dosen FILKOM UB

Untuk mendukung proses pembelajaran, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan e-learning bagi para dosen pada Jumat (17/2/2017) di ruang laboratorium pembelajaran FILKOM B1.8. Hal ini dilakukan mengingat penggunaan e-learning berbasis moodle secara optimal dalam sistem pembelajaran dapat memberikan banyak manfaat untuk tenaga pengajar dan peserta didik. Pada kesempatan tersebut materi e-learning disampaikan dalam dua sesi oleh Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Denny Sagita R., S.Kom, M.Kom selaku Ketua PSIK FILKOM.

Materi yang disampaikan oleh Heru pada sesi pertama mencakup informasi dasar pengoperasian e-learning, antara lain cara mengakses sistem elearning sebagai dosen, manajemen user, membuat kelas online dan pengenalan berbagai aktivitas yang dapat diaplikasi pada e-learning. Sementara itu pada sesi kedua Deni sebagai pemateri berbagi pengetahuan tentang sistem evaluasi online pada sistem e-learning berbasis moodle.

Sistem elearning yang digunakan oleh FILKOM menginduk pada virtual learning management UB, sehingga untuk mengaksesnya user harus terlebih dahulu melakukan login melalui vlm.ub.ac.id. Terdapat 11 aktivitas yang dapat diaplikasikan pada sistem e-learning ini meliputi assignment, chats, choices, database, forums, glossary, lesson, quiz, scorm, survey dan wiki. Setiap menu aktivitas memiliki kegunaannya masing-masing. Sebagai contoh menu aktivitas assignment memungkinkan dosen untuk memberikan penugasan kepada peserta didik secara online dan kemudian peserta didik dapat mengumpulkan hasil tugas dalam berbagai format digital dengan menguploadnya. Sementara itu schorm adalah menu yang memberikan fasilitas pada dosen untuk dapat membuat suatu paket tampilan berisi halaman web, grafis, program Javascript, slide presentasi flash, video, suara dan konten apapun yang dapat diakses di web browser. Menu ini memungkinkan terciptanya pembelajaran yang lebih bervariasi dan menyenangkan. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini maka pemanfaatan e-learning dapat lebih dioptimalkan untuk pembelajaran di FILKOM UB. [dna]