FILKOM dan UNWAHA Jombang Mulai Program Kerjasama Kuliah SIT IN

FILKOM dan UNWAHA Jombang Mulai Program Kerjasama Kuliah SIT IN

Bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, maka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mulai melaksanakan program kerjasama kuliah SIT IN untuk dua mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas KH. A. Wahab Hasullah, Jombang (FTI UNWAHA Jombang) pada Semester Genap TA. 2016/2017. Sehubungan dengan hal tersebut pada Kamis (16/2/2017) perwakilan UNWAHA berkunjung ke FILKOM. Mereka adalah Wakil Rektor I Dr. H. Fathulloh, M.Pd.I, Wakil Rektor II Dr. H. Abdul Kholid, M. Ag., Wakil Rektor III Dr. H. Muhyidin Z.a., M.M., Dekan FTI Siti Sufaidah, M.Si., Direktur LPPM Dr. Hj. Umi Chaidaroh, M.HI., Kaprodi TI Primadi Airlangga, M.IT. dan staf BAUK Kholis F. Kehadiran perwakilan UNWAHA tersebut sekaligus untuk mengantarkan peserta didiknya yang akan mengikuti program kuliah SIT IN di FILKOM selama Semester Genap TA. 2016/2017.

Dua mahasiswa UNWAHA tersebut merupakan mahasiswa semester 3 program studi Teknik Informatika yaitu M. Aviv Subarkah dan Kharimun Tholib. Selama program kuliah SIT IN di FILKOM keduanya akan diberi kesempatan untuk mengikuti lima kelas mata kuliah yaitu (1) Desain dan Analisis Algoritma, (2) Kecerdasan Buatan, (3) Analisis dan Perancangan Sistem, (4) Pemrograman Web dan (5) Jaringan Komputer. Seluruhnya memiliki jumlah total 20 sks. Pengalaman kuliah SIT IN ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan keduanya untuk kemudian dibagikan kepada mahasiswa UNWAHA yang lain.

“Kami sangat berterima kasih pada FILKOM karena telah bersedia menerima mahasiswa UNWAHA untuk melakukan program kuliah SIT IN. Hal ini sebagai tindak lanjut MoU yang sudah ditandatangani Rektor UNWAHA dengan Rektor UB. Harapannya ke depan akan ada bentuk kerjasama lain yang bisa segera terlaksana,” ujar Siti Sufaidah, Dekan FTI UNWAHA.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan pula rencana bentuk kerjasama lainnya, antara lain kerjasama dalam hal joint research antara dosen FILKOM dan dosen FTI UNWAHA, bantuan dosen FILKOM untuk menjadi penguji dan pembimbing skripsi sebagian mahasiswa UNWAHA, rekrutmen mahasiswa program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB untuk menjadi dosen FTI UNWAHA serta terbukanya kesempatan bagi dosen bergelar S1 di FTI UNWAHA untuk melanjutkan studi S2 di FILKOM.

“Arah kerjasama ini kebetulan sejalan dengan kebutuhan FILKOM untuk mengembangkan program Magister Ilmu Komputer dan juga untuk menunjang skema penelitian yang mengharuskan penulis memilki partnet penulis lain dari universitas yang berbeda,” ungkap Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. selaku Dekan FILKOM UB menyambut baik rencana kerjasama tersebut. [dna]