Pembahasan Kolaborasi Penelitian FILKOM UB dan Dept. IIM NCKU Taiwan

Pembahasan Kolaborasi Penelitian FILKOM UB dan Dept. IIM NCKU Taiwan

Perwakilan Department of Industrial and Information Management (IIM), National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Selasa (15/02/2017). Kunjungan ini selain bertujuan berbagi informasi mengenai IIM NCKU, juga untuk membahas kolaborasi penelitian antar tenaga pengajar FILKOM UB dan IIM NCKU. Adapun tiga profesor dari IIM NCKU yang hadir adalah Chung-Chi Hsieh, Ph.D, I-Lin Wang, Ph.D dan Hei-Chia Wang, Ph.D. Sementara perwakilan FILKOM yang hadir adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, Kepala Jurusan Sistem Informasi Dr. Eng. Herman Tolle, S.T, M.T, Sekretaris Jurusan Sistem Informasi Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D. serta beberapa dosen pengajar dan mahasiswa Magister Ilmu Komputer (S2).

Membuka pertemuan tersebut Prof. Chung-Chi Hsieh memberikan paparan singkat mengenai NCKU dan Departemen IIM. Disampaikan olehnya bahwa NCKU terakreditasi AACSB serta memiliki reputasi yang baik dalam bidang akademik dan komunitas industri. IIM memiliki 14 professor, 4 associate professor dan 4 assistant professor. Seluruh pengajar di IIM tersebut adalah lulusan program doktoral universitas di USA dan UK. IIM memiliki beberapa fokus area penelitian meliputi Production and Operations Management, Information Technology, Decision and Management Science.

“For student recruiting there are scholarship and tuition waived from NCKU and also other scholarships. NCKU is in a list of universities for LPDP scholarship of Indonesia Government,” jelas Prof. Chung-Chi Hsieh.

Secara mendetail kemudian setiap professor dari NCKU menjelaskan masing-maisng fokus penelitian yang dilakukannya untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kemungkinan kolaborasi penelitian dengan dosen FILKOM UB. Prof. Chung-Chi Hsieh memiliki keminatan penelitian di bidang production and operation management, supply chain coordination, reliability management serta game theory and applications. Prof. Hei-Chia Wang memiliki keminatan penelitian di bidang e-learning, knowledge discovery, bioinformatics, serta information retrieval. Sementara itu Prof. I-Lin Wang memiliki keminatan peenlitian di bidang operations research, network optimization, mathematical modeling, shared mobility dan project scheduling.

Pada kesempatan tersebut FILKOM juga berkesempatan memaparkan berbagai penelitiannya. Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T menjelaskan bahwa FILKOM memiliki tujuh grup riset meliputi grup riset geoinformatika, jaringan berbasis informasi, media, game and mobile technology, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak dan sistem informasi. Berbagai kemungkinan kerjasama penelitian akan ditindaklanjuti dan dibicarakan lebih lanjut melalui email, sehingga kolaborasi penelitian IIM NCKU dan FILKOM UB dapat terlaksana dengan baik. [dna]