Sosialisasi Rumah Sakit Universitas Brawijaya

Sosialisasi Rumah Sakit Universitas Brawijaya

Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) melakukan roadshow sosialisasi dan pengenalan RS UB pada dosen dan karyawan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Rabu (9/2/2017). DR. dr Tinny Endang Hernowati,  SpPK(K) selaku Wakil Direktur Penunjang Medik RSUB beserta tim hadir pada kesempatan tersebut. Disampaikan oleh dr Tinny bahwa roadshow ini dilakukan sehubungan dengan telah resmi diterimanya ijin operasional RSUB sebagai rumah sakit tipe C pada 18 Desember 2016 lalu.

Mengawali paparannya, dr Titin menyampaikan gambaran umum mengenai RSUB yang berlokasi di kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru dan memiliki luas lahan mencapai 20.000 m2. RS UB dibangun untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan Masyarakat. Dijelaskan oleh dr Titin bahwa RSUB memfokuskan pelayanan bagi civitas akademik UB. Namun RSUB juga tidak menutup kemungkinan pelayanan bagi warga sekitar RSUB dan pensiunan UB.

Adapun layanan yang tersedia di RSUB meliputi IGD, persalinan dan perinatology, bedah sentral, rawat inap, rawat jalan, laboratorium, radiology, ambulans, pemulasaran jenazah, gizi dan farmasi, pengolahan limbah serta rekam medis. Terdapat tujuh poli untuk menunjang layanan tersebut yaitu poli spesialis anak, poli spesialis penyakit dalam, poli spesialis bedah, poli spesialis jantung, poli spesialis kebidanan dan kandungan, poli gigi dan mulut serta poli gizi. Jam operasional poli adalah Senin – Jumat pukul 09.00 – 13.00 WIB.

Untuk pelayanan rawat inap, tarif yang berlaku mulai Rp. 125.000,- untuk kamar kelas 3. Disampaikan oleh dr Titin bahwa bagi civitas akademik UB terdapat tarif khusus yang diterapkan. RSUB juga
“Keuntungannya bagi warga UB  akan ada tarif khusus yang diterapkan. Tentunya tarif yang diterapkan untuk warga UB akan lebih rendah. Akan ada potongan dari harga normal,” ungkap dr Titin.

Hingga saat ini RSUB masih belum dapat menerima layanan BPJS. Namun disampaikan oleh dr Tinny bahwa hal tersebut masih dalam tahap pengurusan dan ditargetkan pada tahun 2018 mendatang RSUB sudah dapat melayani penggunaan BPJS. [dna]