Program Hibah Kompetisi Ketahanan Buku Tahun 2017

Program Hibah Kompetisi Ketahanan Buku Tahun 2017

Universitas Brawijaya melalui UB Press menyelenggarakan Program Hibah Kompetisi (PHK) Ketahanan Buku Tahun 2017. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen UB dalam menulis buku teks. Oleh karenanya pihak UB Press melakukan sosialisasi kepada dosen diseluruh fakultas yang ada di UB, termasuk Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Direktur UB Press Prof. Dr. Ir. Trinil Susilowati MS. beserta tim hadir di FILKOM gedung H pada Rabu (8/2/2017). Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh perwakilan pimpinan beserta tenaga pengajar FILKOM.
“UB merupakan salah satu universitas terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 1.900 dosen. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi UB untuk meningkatkan reputasinya dalam menghasilkan karya berupa buku ilmiah,” ujar Prof. Trinil.

Dijelaskan oleh Prof. Trinil bahwa bagi penulis yang bukunya lolos seleksi PHK Ketahanan Buku tahun 2017 ini akan mendapat banyak manfaat antara lain memperoleh bantuan dana untuk riset pembuatan buku, mendapat pendampingan serta pelatihan pembuatan buku serta karya buku ilmiahnya akan dicetak sebanyak 300 eksemplar serta dibantu pemasarannya oleh UB Press.

“Karena UB Press termasuk penerbit perguruan tinggi Indonesia kita akan bekerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk pemasarannya. Akan diberlakukan harga khusus untuk pembeli berstatus mahasiswa yaitu potongan 15%,” jelas Prof Trinil.

Terdapat tiga jenis buku yang dapat diajukan untuk didanai PHK Ketahanan Buku tahun 2017 ini yaitu buku ajar, buku teks dan buku monograf. Buku ajar adalah buku yang berisi tulisan sumber informasi ilmu pengetahuan untuk mahasiswa. Buku teks merupakan buku referensi yang berisi hasil penelitian, review berbagai buku dan jurnal yang dapat digunakan untuk penulisan tugas akhir. Sementara buku monograf adalah buku yang berisi sau topik atau sejumlah topik yang berkaitan dan disusun secara mendetail dan mendalam. Dalam program ini berlaku pula beberapa ketentuan naskah buku yang harus dipatuhi penulis dimana naskah harus baru dan belum pernah diterbitkan, naskah juga belum pernah atau tidak sedang diajukan untuk mendapatkan hibah dari sumber lain, bukan dari revisi buku yang sudah pernah terbit, bukan dari terjemahan atau saduran, bukan dari penulisan thesis dan atau disertasi serta pustaka harus terbaru minimal 10 tahun terakhir.

Disampaikan oleh Prof. Trinil bagi dosen UB yang berminat mengikuti program ini dapat menyerahkan proposal PHK paling lambat akhir Maret 2017 kepada UB Press. Dimana panduan mengenai penulisan proposal program ini dapat diunduh di website UB Press, ubpress.ub.ac.id. [dna]