FILKOM Sebagai Tempat Simulasi Audit Internal UB

FILKOM Sebagai Tempat Simulasi Audit Internal UB

Sehubungan dengan penyelenggaraan Pelatihan Auditor Internal Universitas Brawijaya (UB) yang diselenggarakan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) LP3M UB, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) terpilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan simulasi audit internal. Kegiatan simulasi dilaksanakan di ruang meeting gedung A FILKOM pada Kamis (9/2/2017) yang dihadiri oleh staf PJM LP3M UB, auditor peserta simulasi dan pimpinan FILKOM, ketua dan staf GJM serta UJM FILKOM.

Disampaikan oleh Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T, M.T. bahwa FILKOM terpilih untuk simulasi audit di level fakultas. Adapun selain FILKOM terdapat tiga unit kerja lain yang juga terpilih sebagai tempat penyelenggaraan simulasi audit internal yaitu FEB, FMIPA dan Program Pasca Sarjana. Pada simulasi audit di FILKOM para auditor peserta pelatihan diberikan data materi temuan audit FILKOM pada Audit Internal Mutu siklus 14. Para auditor bertugas untuk memeriksa apakah temuan tersebut telah ditindaklanjuti untuk perbaikan ataukah belum. Para auditor peserta simulasi berasal dari berbagai fakultas di UB antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Budaya, FISIP, Fakultas Teknik  dan Fakultas Pertanian.
“Dari AIM 14 kemarin ada empat temuan antara lain tentang Sumber Daya Manusia yang meliputi jumlah guru besar di fakultas, rencana penggunaan tenaga kerja asing dan sarana prasarana untuk difabel,” jelas Rekyan.

Meski hanya merupakan simulasi audit , namun FILKOM mempersiapkan diri layaknya audit internal yang sesungguhnya. Disampaikan oleh Rekyan hal ini memberikan manfaat untuk FILKOM karena dapat memperoleh lebih banyak masukan dari para auditor peserta. Segala masukan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan untuk perbaikan FILKOM di masa mendatang.
“Kalau audit yang sesungguhnya banyak poin yang harus diaudit tapi waktunya terbatas. Di simulasi ini poin yang diaudit sedikit tapi waktu yang tersedia panjang dan auditor yang bertugas banyak jadi lebih banyak ide dan masukan yang bisa didapat untuk meningkatkan mutu layanan di FILKOM,” ujar Rekyan.

Untuk diketahui Pelatihan Audior Internal UB ini dibagi dalam dua gelombang. Dimana gelombang kedua akan dilaksanakan minggu depan. FILKOM akan kembali menjadi tempat dilaksanakannya simulasi audit pada Kamis 16 Februari 2017 mendatang. [dna]