SMK Raudlatul Malikiyah Kota Probolinggo Kenali Berbagai Program Studi di FILKOM UB

SMK Raudlatul Malikiyah Kota Probolinggo Kenali Berbagai Program Studi di FILKOM UB

77 Siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Raudlatul Malikiyah Kota Probolinggo melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (26/1/2017). Para siswa tersebut didampingi oleh empat guru termasuk Sukaria Falasifah, S.Kom. selaku Kepala Jurusan TKJ. Disampaikan oleh Sukaria bahwa kunjungan ini dilakukan untuk dapat memberikan gambaran pada siswa SMK Raudlatul Malikiyah mengenai bagaimana perkembangan teknologi saat ini. UB menjadi salah tujuan kunjungan kali ini dikarenakan perkembangan FILKOM saat ini sangat pesat baik secara jumlah peminat maupun penyelenggaraan sarana prasarana serta prestasi yang telah dicetak hingga saat ini.
“Kami berterima kasih sudah diterima kembali disini. Harapannya siswa kami bisa mendapat ilmu baru disini,” ungkap Sukaria.

Perwakilan FILKOM yang menerima kunjungan pada kesempatan tersebut adalah Muhammad Aminul Akbar , S.Kom., M.T. salah satu tenaga pengajar/dosen di FILKOM. Mengawali paparannya Aminul menayangkan Video Profile FILKOM untuk memberikan gambaran singkat kepada para siswa SMK peserta kunjungan mengenai FILKOM. Setelahnya Aminul menjelaskan tentang berbagai jurusan dan program studi yang ada di FILKOM. Terdapat dua jurusan yang dapat menjadi pilihan bagi lulusan Sekolah Menengah yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Pertama adalah Jurusan Teknik Informatika yang memiliki pilihan program studi (PS) meliputi (1) Magister Ilmu Komputer, (2) Teknik Informatika dan (3) Teknik Komputer. Sementara jurusan kedua adalah  Jurusan Sistem Informasi yang memiliki pilihan program studi (1) Pendidikan Teknologi Informasi, (2) Sistem Informasi dan (3) Teknologi Informasi.

Perbedaan keenamnya disampaikan juga oleh Aminul untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada para siswa. Untuk Magister Ilmu Komputer diselenggarakan untuk memberikan wadah bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya di bidang IT ke jenjang S2 atau Master. Mahasiswa magister akan diarahkan untuk mampu melakukan penelaahan terhadap berbagai metode pendekatan terkini dari sebuah topik tertentu. Kemudian untuk PS. Teknik Informatika dibentuk bagi mereka yang ingin mempelajari transformasi data pada mesin komputasi. PS. Teknik Komputer untuk mewadahi mereka yang memiliki keminatan untuk mempelajari 3 jenis elemen dalam IT dan hubungannya yang meliputi  brainware, software  dan hardware.

Sementara itu untuk PS. Sistem Informasi mahasiswa yang tergabung didalamnya akan lebih banyak belajar mengenai bagaimana strategi terbaik untuk menjembatani client dengan teknisi atau developer. Sedangkan PS. Pendidikan Teknologi Informasi memiliki misi untuk mendidik lulusan sebagai tenaga pendidik dalam bidang Teknologi Informasi (TI). Kemudian PS. Teknologi Informasi memfokuskan pengajaran pada mahasiswa tentang bagaimana memanfaatkan TI secara optimal untuk menyebarkan informasi.
“Program studi ini tidak mempelajari secara detil mengenai pengembangan suatu produk TI, tapi lebih fokus dengan bagaimana memanfaatkan dan menggunakan TI secara optimal untuk menyebarkan informasi,” jelas Aminul. [dna]