Professor Jennifer Widom Berbagi Ilmu Gratis ke Seluruh Dunia

Professor Jennifer Widom Berbagi Ilmu Gratis ke Seluruh Dunia

Professor Jennifer Widom dari Stanford University Amerika Serikat memberikan kuliah tamu dan pelatihan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada kamis (10/11/2016). Beliau adalah seorang ilmuwan di bidang Database dan Big Data yang sedang berlibur sekaligus membagikan pengetahuan dan keahliannya di beberapa negara di penjuru dunia.

Dalam perjalanannya, Prof. Jennifer Widom direncanakan akan mengunjungi 19 negara di asia, afrika, dan amerika, yang berlangsung sejak Agustus 2016 hingga juni 2017 nanti. Setelah dari Indonesia, beliau akan menuju Myanmar, Vietnam, India, Bangladesh, Chile, Tanzania, Namibia, Peru, Mexico, South Africa, Ghana, dan Nigeria. Beberapa negara lain masih dalam proses penjadwalan seperti Kyrgyztan, Mauritus, dan Polandia.

Dalam paparannya mengenai Big Data di hari pertama dihadapan kurang lebih 80 Peserta, Prof. Jennifer Widom menjelaskan bahwa tidak cukup menggunakan analisa data saja untuk mendatangkan sebuah kesimpulan dari permasalahan di era seperti saat ini. Dibutuhkan pendekatan dan pengenalan Big Data, termasuk mengenai sejarah, studi kasus, analisis, visualisasi, dan teknik dasar pengumpulan data untuk memberikan bentuk bentuk keputusan dalam berbagai macam bidang, baik itu dalam ilmu pengetahuan, tenologi, bisnis, kesehatan, politik dan ilmu sosial.

Di hari kedua, jumat (11/11/2016) Prof. Jennifer Widom memberikan pelatihan tentang Design Thinking & Creativity yang dihadiri oleh 25 peserta dari dosen dan mahasiswa. Design Thinking adalah konsep baru yang sedang populer, dirintis oleh Stanford's Hasso Plattner Institute for Design, dimana konsep ini memberikan cara baru dalam pendekatan complex problem & solving tasks yang berfokus pada pada penggalian kreatifitas, kolaboratif, dan pencarian solusi yang berpusat pada humanity. Design Thinking & Creativity mengacu pada metode dari rekayasa dan desain, dan menggabungkan mereka dengan ide-ide dari seni, metode ilmu sosial, dan wawasan dari dunia bisnis.

Selama satu hari penuh Prof. Jennifer Widom membimbing peserta pelatihan bagaimana mendesain cara berpikir dan pemecahan masalah secara kolaboratif. Diharapkan dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan pengetahuan tentang dasar dasar Design Thinking termasuk didalamnya proses desain, metodologi inovasi, teknik pemecahan masalah, faktor humanity, rapid prototyping, dinamika kelompok, dan storytelling. [edw]